Lukisan dari Pasir yang anti mainstream

Melukis adalah kegiatan mengolah medium 2 dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja seperti kanvas, kertas, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukis. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberi imaji tertentu kepada media yang digunakan. Seperti lukisan yang terbuat dari Pasir ini, bagaimana gambarnya ?

Lukisan dari Pasir


Gambar tersebut merupakan karya Y Lan. Y Lan yang tidak memiliki pendidikan seni formal dan menemukan talenta menemukan talenta uniknya membuat lukisan dari pasir secara tidak sengaja. Pada tahun 2001, pada saat mengunjungi kota asal suaminya, Phan Thiet, dia tidak sengaja melihat pasir di pantainya dan takjub melihat keindahannya. Y Lan pun membawa pasirnya dalam tiga warna yang berbeda ke sebuah vas bunga. Setelah sampai rumah, Y Lan tak henti-hentinya memandangi keindahan pasir itu, sehingga dia kembali ke pantainya dan mengambil pasirnya lebih banyak lagi. Kemudian Y Lan pun berpikir apa yang bisa dibuat dari pasir itu dan muncullah idenya untuk melukis dari pasir itu. Kini, Y Lan dikenal secara internasional sebagai penemu lukisan pasir dan memiliki perusahaannya sendiri untuk menjual hasil karyanya ini ke seluruh dunia.
Meskipun Y Lan awalnya hanya memiliki tiga variasi warna, kini dia memiliki lebih dari 80 variasi warna yang didapat dari seluruh dunia. Y Lan yakin kalau talentanya ini sudah didapat sejak lahir, namun selama 11 tahun belakangan ini dia terus melatih keahliannya ini dan akhirnya dapat membuat suatu karya besar yaitu lukisan Ho Chi Min, tokoh dari sejarah Vietnam. Y Lan mengaku menyukai semua hasil karyanya, namun yang paling berkesan adalah lukisan foto dari pasir karena membutuhkan perhatian yang lebih besar. Salah sedikit saja bisa merusak wajah seseorang dari foto itu. Y Lan juga menyatakan kalau semua seniman bisa membuat lukisan pemandangan dari pasir, namun belum tentu bisa membuat lukisan seperti foto.