Lukisan "Children" karya A. D. Pirous

Lukisan “Children” karya A. D. Pirous

image

Lukisan Children merupakan salah satu tema karya perupa seni lukis Indonesia, A. D. Pirous. Dibuat pada tahun 1963 dengan menggunakan media Oil On Canvas serta berukuran 50 cm x 110 cm.

Lukisan ini merupakan lukisan seni realisme, dengan gaya ekspresionism, abstrak. Dengan teknik melukis menggunakan cat minyak di atas kanvas. Dalam lukisan ini, Pirous tidak membuat bentuk objek dengan detil. Pirous membuatnya dengan penyederhanaan (abstraksi).

Makna Lukisan “Children” karya A. D. Pirous

AD. Pirous dikenal dengan pelukis yang memercikkan spiritual kemanusiaan dengan bahasa simbol islami pada setiap karyanya. Lukisan dengan simbol kaligrafi, lukisan abstrak dan karya grafis Pirous mengisi museum seni rupa di tanah air dan mancanegara. Sebagai seniman, Pirous dikenal sebagai trendsetter seni lukis kaligrafi modern di Indonesia. Karya-karyanya memberi pengaruh terhadap perkembangan seni lukis kaligrafi modern pada seniman generasi berikutnya.

Lukisan-lukisan kreasi Pirous unik, berupa kombinasi corak abstrak dengan kaligrafi. Ada tekstur tebal dan tipis, kontur, pembagian bidang geometris, struktur warna harmonis dan kaligrafi Arab berupa ayat-ayat dari Kitab Suci Quran. Corak kaligrafinya di luar tulisan baku, dia mengkreasikan sendiri bentuk-bentuk hurufnya. Ada juga lelehan berwarna kuning emas sebagai unsur keindahan lukisan.

Maman Noor (alm) pernah mengamati proses kreatif kesenimanan AD. Pirous sebagai budayawan yang menjaga penghadiran Indonesia melalui karya-karyanya yang mendunia. Pembacaan terhadap situasi keseharian dimanifestasikan kedalam proses kreatif karya-karya AD. Pirous. Lukisan dan kesenian dijalaninya sebagai catatan yang mengendap dari informasi dan fenomena alam serta dunia religi yang telah menjadi satu dalam jiwanya.

Pirous seorang seniman sekaligus akademisi, dia berkesenian tetapi juga berpikir dan bertindak akademis. Pirous juga berupaya mengembangkan senirupa Islam di negerinya. Seorang akademisi yang berpikir tentang kemajuan bangsanya, terutama dalam bidang seni lukis. Hal yang penting, menurut Pirous, bukan bagaimana membahasakan atau bahasa artistik itu dibuat, tapi apa pikirannya dan pikiran itu disampaikan kepada orang lain. Bagi Pirous, melukis tidak hanya menuangkan pemikirannya lewat goresan di medium, namun juga interaksi antara dirinya dengan karya.

Sumber:
https://lukisanku.id/lukisan-children-a-d-pirous/