Loyalitas dalam kepemimpinan?

leadership

(Fadillah Dwi Wicaksana) #1

Loyalitas adalah salah satu hal yang tidak dapat dibeli dengan uang. Loyalitas hanya bisa didapatkan, namun tidak bisa dibeli. Mendapatkan loyalitas dari seseorang bukanlah sesuatu pekerjaan yang mudah untuk dilakukan.

Berbanding terbalik dengan kesulitan saat mendapatannya. Menghilangkan loyalias seseorang akan menjadi hal yang sangat mudah untuk dilakukan. Loyalitas merupakan suatu hal yang bersifat emosional. Untuk bisa mendapatkan sikap loyal sesorang terdapat banyak faktor yang akan mempengaruhinya.

Sikap loyal tersebut dapat diterapkan oleh setiap orang dalam berbagai hal, namun saat ini yang akan saya bahas adalah loyal pada pemimpin pada suatu perusahaan.

Seringkali sebagai pemimpin kita meragukan ke loyalitasan para karyawan dikarenakan para pekerja yang mempertanyakan “apa yang pemimpin lakukan”.

Para pemimpin seringkali berpikir seorang karyawan bersikap tidak loyal dikarenakan seorang karyawan itu mencari bimbingan dari supervisor di departemen atau organisasi lain.

Sebagai pemimpin kita selalu menginginkan para karyawan yang bekerja pada kita bersikap loyal kepada kita. Ada beberapa cara yang dapat diterapkan agar para karyawan yang bekerja pada kita bersikap loyal kepada kita yaitu dengan cara berikut ini.

  • Klarifikasi nilai-nilai dan tujuan anda dan berdialog lah dengan karyawan anda tentang berartikah loyalitas bagi dia
  • Jujurlah pada diri sendiri dan pada karyawan anda walaupun itu menyakitkan. Karena anda tidak akan bisa mengharapkan karyawan yang jujur apabila anda tidak mencontohkan kepada mereka.
  • Sebagai pemimpin berusahalah peduli kepada karyawan anda dan memperlakukan mereka dengan layak. Karena apabila tidak ada karyawan dalam suatu intitusi/perusahaan, maka perusahaan itu bukanlah perusahaan yang sebenarnya.
  • Berikanlah kepercayaan anda kepada karyawan anda.
  • Berikanlah hadiah kepada karyawan anda. Karena pemberian hadiah itu sangat berarti bagi seorang karyawan.

Loyalitas adalah hal yang sangat penting, karena tanpa adanya loyalitas maka sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik bahkan terkadang tidak akan mampu bertahan apabila di dalamnya tidak diterapkan sikap loyal dan kebersamaan dengan baik.

Hal ini dapat dikatakan sebagai sikap kesetiaan terhadap suatu organisasi. Dengan adanya loyalitas maka ia akan memiliki kesadaran akan kewajiban untuk menggunakan semua fasilitas , kemampuan, serta sumberdaya yang dimilikinya demi kemajuan suatu organisasi.

Referensi :