Live Tutorial: Decal Making

Dalam rangka memperluas wawasan dan meningkatkan skills anggotanya, panitia menyelenggarakan live demo cara pembuatan “home-made decals”. Salah satu topik yg hangat dibicarakan adalah membuat sendiri decals TNI. Meski dalam penggunaannya, skill membuat decal home-made dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

1 Like

Seperti diketahui, decals merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam sebuah model. Decals, bila diaplikasikan dengan benar, dapat membuat model kit menjadi “hidup.”

Dalam konteks ini, members Spruemobster kemarin mendapat kesempatan untuk melihat secara langsung step-by-step cara membuat decals: mulai dari desain di komputer, bagaimana mengukur decals, proses printing, sampai coating untuk melindungi decals tersebut.

Contoh yang diambil adalah membuat segilima dan tulisan TNI-AU serta fin-flash merah putih untuk kit Italeri Dakota skala 1/72. Members mengikuti proses desail decals dari mengukur pentagram TNI-AU, setting tulisannya menggunakan font AmarilloUSA, sampai membuat draft print. Selanjutkan bila sudah puas, dibuat di atas kertas decal yang sesungguhnya.

Sumber
spruemobster