'LIGO' Pembawa Nobel Prize Fisika

Setelah 50 tahun penelitian, akhirnya terjawab sudah tepat pada tanggal 14 September 2015. Di mana, gelombang gravitasi untuk pertama kalinya dapat dideteksi. Rainer Weiss, Kip S. Thorne, dan Barry C. Barish yang menjadi kepala proyek dianugerahi hadiah Nobel fisika pada tahun 2017 berkat penemuan itu.

Setelah 50 tahun penelitian, akhirnya terjawab sudah tepat pada tanggal 14 September 2015. Di mana, gelombang gravitasi untuk pertama kalinya dapat dideteksi. Rainer Weiss, Kip S. Thorne, dan Barry C. Barish yang menjadi kepala proyek dianugrahi hadiah Nobel fisika pada tahun 2017 berkat penemuan itu.

Projek itu dinamai LIGO, The Laser Interferometer Gravitational Wave Observatory, merupakan projek yang dikerjakan secara kolaboratif oleh California Institute of Technology dan MIT dengan lebih dari seribu ilmuwan yang berasal lebih dari dua puluh negara.

Penemuan ini membawa revolusi pada pemahaman manusia akan alam semesta. Pasalanya, penemuan yang berasal dari tubrukan antara dua lubang hitam ini pernah diprediksi oleh Einstein seratus tahun sebelumnya sehingga mendukung jawaban Einstein bagaimana alam semesta bekerja.

Sumber: