Liburan ke Luar Negeri? 3 Hal Ini Harus Disiapkan Traveller Pemula!

Travelling ke berbagai tempat bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dengan banyaknya kemudahan mencari informasi, membuat siapapun bisa mengunjungi tempat-tempat wisata baru di mana pun dan kapan pun.

Nah, meskipun traveler bersama keluarga, sahabat, atau teman lainnya memberikan kesan berbeda, nyatanya ada beberapa orang yang lebih suka melakukan solo traveller. Biasanya hal tersebut dilakukan karena beberapa hal, misalnya merasa lebih fleksibel karna tidak perlu ribet menyamakan jadwal, bisa berangkat kapan saja, atau karena kondisi lain.

Jika kamu termasuk salah satu orang yang ingin mencoba solo travelling ke luar negeri, beberapa persiapan berikut wajib kamu lakukan!

Tentukan negara tujuan

Sebelum melakukan perjalanan, tips pertama yang harus dilakukan adalah menentukan negara tujuan yang memang cocok bagi traveller pemula. Bagi warga indonesia, negara-negara di Asia seperti Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain lokasinya yang tak terlalu jauh, negara-negara di Asia Tenggara juga bebas visa bagi setiap pelancong.

Persiapkan paspor dan tiket

Setelah negara tujuan ditentukan, jangan lupa untuk apply paspor dan membeli tiket. Apply paspor bisa dilakukan dengan mengunjungi kantor imigrasi terdekat di kotamu. Ketika wawancara, jawablah pertanyaan secara jelas dan meyakinkan supaya petugas meloloskan permohonanmu. Sebagian besar permohonan paspor memang selalu di loloskan, namun jika informasi yang kamu berikan tidak sesuai, hal tersebut akan berpengaruh di imigrasi bandara.

Selanjutnya, untuk pemesanan tiket jangan bosan-bosan untuk mengecek promo tiket. Beberapa maskapai penerbangan seringkali memberikan promo tiket perjalanan dengan harga miring plus penginapan.

Booking hotel terlebih dahulu

Apabila promo tiket yang kamu pegang memberikan fasilitas promo hotel secara bersamaan, maka kamu tak perlu melakukan booking hotel. Namun jika tidak, segeralah booking hotel jauh-jauh hari ternyata juga berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan. Perbedaan biaya biasanya berkisar antara 30%-50%.

Usahakan untuk memilih hotel yang berada di dekat stasiun atau halte bus. Hal ini memudahkanmu mobilisasi ke berbagai tempat wisata.

Kalau saya menyarankan Traveller untuk Kenali transportasi negara tujuan. Selanjutnya, kenali transportasi yang digunakan di negara tujuan. Setiap destinasi wisata yang telah ditentukan di atas tentu memiliki lokasi yang berbeda-beda. Perbedaan lokasi tersebut nantinya juga berpengaruh pada jenis trasnportasi yang harus digunakan.

Setelah menentukan lokasi wisata, maka kamu bisa mencari tahu jenis transportasi apa yang bisa digunakan, berapa biayanya, dimana harus naik atau turun, serta berapa lama perjalanan. Hal ini dimaksudkan supaya kamu tidak bingung ketika sudah berada disana. Tak hanya soal transortasi tempat wisata, kamu juga harus menentukan transportasi ke atau dari bandara.