Biografi, Leonardo del Vecchio
Nama Lengkap
Leonardo del Vecchio
Tempat dan Tanggal Lahir
Milan, Italy, 22 Mei 1935
Kewarganegaraan
Italia
Pendidikan
High School
Pekerjaan
• Businessman
• Founder
Total Kekayaan
$ 17,8 Miliar
Peringkat berdasarkan Forbes
• #37 Billionaires (2016)
• #2 in Italy
• #40 in 2015
Sinopsis
Untuk bangkit dari sisa-sisa kemiskinan dan membangun salah satu merek fashion paling terkenal dan perintis di dunia adalah seperti dongeng. Jika kita melihat ke dalam kehidupan Leonardo Del Vecchio dan kita akan tahu bahwa ini sepenuhnya bukanlah cerita fiksi
Childhood
Salah satu ikon fashion paling terkenal di Italia dan pengusaha, Del Vecchio lahir di Milan namun ia dititipkan ke panti asuhan oleh ibunya karena tidak mampu membimbing dia. Ayahnya telah meninggal lima bulan sebelum kelahirannya, dan kisah pemilik salah satu merek fashion terbesar dari Italia dimulai dari kemiskinan.
Setelah ditinggalkan oleh orang tuanya, Del Vecchio mulai bekerja sebagai dye and tool maker tetapi ia memutuskan untuk menggunakan kemampuan tersebut untuk membuat bagian-bagian kacamata. Setelah pindah ke kota yang terkenal akan kacamata, Italia, Agordo, Del Vecchio memulai brand kacamatanya sendiri yang dikenal sebagai Luxottica
Career
Dari awal yang sederhana, ia mampu membawa perusahaan lebih maju melalui kerja keras dan keterampilan. Dia tahu seluk-beluk industri kacamata, dan mampu menggunakan ilmu itu untuk mendapatkan pijakan di pasar. Melalui visinya, merek nya tumbuh dengan pesat dan ia perlahan-lahan mulai membangun kerajaannya yang akan memimpin dunia segera-dalam hal manufaktur kacamata mewah.
Ia mulai menjual frame kacamata dengan merek oleh 1.967 dan perlahan-lahan memutuskan bahwa integrasi vertikal yang diperlukan untuk perusahaannya. Dia berhasil memperoleh Scarrone, sebuah perusahaan distribusi yang memungkinkan produk untuk mendapatkan perhatian lebih banyak klien.
Career Highlight
Setelah mendirikan cabang internasional pertama di Jerman, ia mulai mengintegrasikan dan mengambangkan brand dengan pesat di seluruh dunia. Del Vecchio mampu melakukan ini dengan menjalin kemitraan dengan beberapa merek terbaik dan terkenal di seluruh Italia, dimulai dengan Armani pada tahun 1988.
Dari sini, ia mampu publish perdagangan perusahaannya di NYSE, dan pada tahun 1990, Luxottica terdaftar. Pada tahun 2000, ia mendaftarkan perusahaannya di pasar saham Italia dan melalui ini, ia mampu memperoleh banyak merek lain yang diakui dunia internasional .
Achievements
Dia berhasil memegang salah satu merek fashion terbaik di dunia, Vogue; dan ini diikuti dengan mengakuisisi Persol dan US Shoe Corporation. Ia melanjutkan tren dan memperoleh Ray-Ban dan Sunglass Hut pada tahun 2001. Hal ini merupakan pengaruh dari brand, pria yang memulai dengan hampir tidak mempunyai apa-apa, memperoleh salah satu tokoh dalam bisnis sunglass, Oakley dalam kesepakatan yang senilai $ 2,1 miliar.
Seorang visioner dan salah satu orang yang bekerja paling keras dalam sejarah mode Italia, Del Vecchio adalah kisah yang terbuat dari mimpi. ketekunan dan tekad melihat dia membuat sejarah ikonik yang akan hidup selama bertahun-tahun yang akan datang.
Source: