Legenda Tempat Wisata Tangkuban Perahu, Mitos atau Fakta?

Siapa yang tak kenal dengan tempat wisata Tangkuban Perahu? Tempat wisata ini telah populer sejak dulu, lokasinya yang berada dikawasan pegunungan membuat hawanya sejuk, dan menurut teman yang pernah kesini bau belerang di tempat wisata ini cukup menyegat. Ada beberapa cerita mengenai legenda bagaimana tangkuban perahu ini terbentuk, mohon ceritakan singkat mengenai beberapa mitos atau fakta yang kalian ketahui ya!

Hai Fasa!

Tentunya jika sesuatu hal adalah legenda, ataupun mitos, keduanya sudah dipastikan hanyalah cerita fiksi. Jika kita lihat dari sisi ilmiahnya, dapat kita lihat dari penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ahli mengenai bagaiman proses terbentuknya gunung tangkuban perahu ini, hanya karena bentuknya ini sajalah gunung ini menjadi unik, dan dikait-kaitkan dengan legenda sangkuriang yang tenar di kalangan masyarakat.

Salah satu penelitian ilmiah yang dilakukan oleh ahli terdapat pada penelitian yang dilakukan oleh Van Bemmelen(1934) bahwa Gunung Tangkuban Perahu Terbentuk setelah meletusnya Gunung Sunda Purba. Gunung ini meletus hebat sekitar 50.000 tahun yang lalu.Akibat letusan hebat tersebut gunung itu meninggalkan lubang menganga yang diberi nama Kaldera Sunda. Didalam lubang itu terdapat gunung baru yaitu Tangkuban Perahu.

Semoga dapat menjawab pertanyaan unikmu ini ya!.