Lebih Suka Berkendara Dengan Motor atau Mobil?

image
Dalam hal bepergian, entah itu kerja, kekampus, atau hanya sekedar berkeliling pastinya membutuhkan alat transportasi baik itu roda 2, roda 4. adapun alasan sendiri bepergian baik menggunakan kendaraan roda 2 dan roda 4, alasan bepergian dengan kendaraan roda 2 adalah menghindari macet dan juga lebih praktis. sedangkan alasan menggunakan kendaraan roda 4 adalah lebih nyaman, tidak panas dan tidak terkena huja. menurut kalian, lebih pilih motor atau mobil untuk bepergian?

sebenarnya tergantung kebutuhan, tetapi saya pribadi lebih memilih menggunakan motor apabila dibonceng saja karena bisa lebih puas untuk melihat jalanan, pertokoan di tepi jalan, dan sejuk terkena angin sepanjang perjalanan.

tetapi karena demi ketenangan hati orang tua dan lebih aman juga terutama apabila pulang sendiri di malam hari, sebagai anak perempuan saya diminta untuk menggunakan kendaraan beroda empat.

1 Like

sebenarnya jawaban dari pertanyaan ini adalah optional. mengapa? tentunya karena dilandasi oleh kebutuhan tertentu. namun bagi sebagian orang, termasuk saya adalah salah satunya. jika diberikan pilihan untuk memilih motor atau mobil? maka saya akan memilih motor. salah satu alasannya adalah karena saya tinggal di ibu kota jakarta dimana traffic disini sangatlah padat, tentunya kendaraan bermotor akan lebih memudahkan saya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari

1 Like

Personal untuk saya, pilihan antara mobil atau motor benar-benar memiliki banyak sekali faktor.

Pertama faktor kemudahan. Karena saya berkuliah di Yogyakarta dan jarak antara kampus dan kosan lumayan dekat, dengan lahan parkir yang terbatas, menggunakan motor dibanding mobil jelas lebih mudah. Untuk faktor biaya, bensin dan biaya servis juga jauh lebih murah motor daripada mobil, terutama dengan saya sebagai anak kuliahan dengan uang bulanan terbatas, pengeluaran saya akan boros sekali jika menggunakan mobil.

Namun meski berbagai kemudahan yang dibawa oleh motor, saya juga menemukan diri saya selalu menumpang mobil teman saya jika harus berpergian agak jauh di Yogyakarta, atau jika harus pulang ke kampung halaman di Jakarta. Mobil memberikan privasi, kenyamanan, perlindungan dari hujan, dan kapasitas bawa barang yang jauh melebihi motor.

Dari semua faktor di atas, untuk sekarang saya masih lebih memilih motor dengan alasan biaya dan kemudahan dalam servis dan mencari parkir, meski saya sudah memiliki keinginan dan rencana untuk mobil.

1 Like

Untuk lebih suka tergantung dari kondisi dan keadaan untuk jalan-jalan tidak jauh dan kerja menyukai motor terhindar dari macet lebih bisa melihat lebih jelas dan merasakan susasana sekitar, Untuk jalan-jalan jauh lebih suka menggunakan mobil karena perjalanan jauh membuat lelah sehingga dimobil dapat tidur.

2021-09-19T08:04:00Z
KK Sosmed Podcast - Elisabeth Maranatha

1 Like

Saya lebih memilih motor. Pertama karena alasan kebutuhan, Lalu lintas di tempat saya tinggal, Bekasi, itu sangatlah ramai dan banyak kemacetan disana-sini. Berkendara dengan sepeda motor merupakan pilihan yang lebih masuk akal karena dapat membelah kemacetan dengan mudah, sulap selip diantara kemacetan bukanlah hal yang sulit.

Kedua, karena preferensi pribadi. Saya lebih passionate terhadap sepeda motor ketimbang mobil. Ketika mengendarai motor, saya seperti memiliki ikatan dengan si tunggangan. Saya dapat menikmati setiap puntiran gas, akselerasi, perpindahan gigi, kepakeman rem dan handling pada sebuah sepeda motor; disinilah seluruh bagian tubuh bekerja. Saya bisa menggunakan seluruh tubuh untuk “menari” bersama kemudi stang. Berbeda dengan mobil yang hanya mengandalkan tangan dan kaki untuk kontrol.

1 Like

Sebenarnya tergantung dari kebutuhan setiap orang ya kalau disuruh memilih motor atau mobil. Tapi saya sendiri lebih memilih motor daripada mobil, karena motor lebih memudahkan saya untuk sampai ditempat tujuan lebih cepat karena bisa menyelip kendaraan yang lainnya disaat macet, kemudian saya lebih enjoy jika mengendarai motor. Terlepas dari beberapa alasan tersebut, saya belum begitu menguasai bagaimana cara mengendarai mobil dan malas untuk latihan karena banyak sekali hal-hal yang harus diperhatikan mulai dari rem, tancap gas, kopling, dan lain sebagainya. Jadi menurut saya lebih mudah mengendarai motor

1 Like

Aku lebih suka berkendara dengan sepeda motor dibandingkan dengan mobil. Karena sepeda motor lebih efektif digunakan dan lebih hemat serta murah untuk mengisi bahan bakarnya. Apalagi kalau tinggal di daerah kota besar yang kebanyakan pasti mengalami kemacetan jadi lebih mudah dilalui kalau menggunakan sepeda motor. Terus kalau sedang berkunjung ke suatu tempat biaya parkirnya juga lebih murah, praktis, dan tempat parkirnya lebih mudah dicari.

1 Like

Jika bepergian jauh, seperti antar kota maupun antar provinsi, jelas saya memilih mobil karena akses bagasi lebih besar, lebih nyaman, dan anti kehujanan. Selain itu menggunakan mobil untuk jarak jauh lebih cepat karena akses jalan tol banyak untuk jarak jauh antar kota.

Kemudian untuk bepergian jarak dekat, misalnya untuk keliling kota, dari rumah ke kampus atau tempat kerja, saya memilih motor, karena untuk city traffic lebih menyukai motor untuk filtering lalu lintas, bisa menggunakan akses jalan tikus dan gang kecil serta lebih irit bahan bakar untuk stop and go.

1 Like

Kalau aku pribadi lebih suka mengendarai motor. Selain karena saya tidak bisa mengendarai mobil, menggunakan motor juga memberikan kebebasan, dalam artian kebebasan udara. Saya sebenarnya agak tidak menyukai udara di dalam mobil karena udara hanya berputar di dalam saja sehingga membuat pengap. Namun jika mengutamakn faktor kenyamanan dan keamanan, mobil adalah pilihan yang baik dibandingkan motor.

1 Like

kalau saya tergantung sikon atau situasi kondisi, tetapi saya lebih sering menggunakan motor untuk bepergian jarak dekat karena lebih cepat dan betul memang lebih praktis, dan tidak banyak mengeluarkan biaya untuk mengisi bahan bakarnya. Untuk bepergian jauh saya lebih menyukai menggunakan mobil , karena lebih nyaman, dan bisa mengendarainya sembari makan.

1 Like

Saya lebih memilih motor karena saya orangnya gampang mabuk kendaraan. Jadi saya rasa motor adalah pilihan yang paling tepat.

1 Like

Kalau saya sendiri lebih prefer menggunakan motor untuk bepergian karena menurut saya motor sangat praktis untuk menembus kemacetan lalu lintas, terutamanya jika di jam - jam sibuk ketimbang menggunakan mobil. Karena saya sendiri pun juga memang pada dasarnya juga lebih nyaman saja membawa motor ketimbang mobil dan juga memang motor kalau soal bahan bakarnya sendiri memang cenderung jauh lebih murah ketimbang menggunakan mobil.

Selain itu, menggunakan motor sendiri menurut saya juga berarti saya dapat menemukan pilihan tempat parkir yang lebih banyak daripada menggunakan mobil yang lahan parkirnya sendiri cukup terbatas di tempat - tempat umum seperti kampus, mall, dan yang lainnya.

Jujur saja aku lebih suka mengendari motor daripada mobil. Karena jalan di kotaku padat, aku lebih sering mengendari motor. itupun karena aku tidak bisa naik mobil juga. Bila naik motor, ktia dapat melihat pemandangan lebih jelas. Adrenali yang dirasakan juga sangat menyentuh. Naik motor juga lebih efisien daripada naik mobil. Pengeluaran yang dikeluarkan juga lebih murah bila membeli motor daripada membeli mobil.

Untuk aktifitas sehari-hari memang cocok menggunakan motor, terutama yang di wilayah Depok dan Jakarta. Macet itu hal yang paling merugikan karena dibuat panik antara telat atau ngga. Nah mobilitas motor dengan jarak dekat dapat efisiensi waktu dan juga tidak membuat ruang macet semakin panjang.

Cari celah buat ga macet, motor solusinya.

Menurut saya tergantung dari kebutuhan motor ataupun mobil ada plus minusnya. Ketika perjalanan tidak terlalu jauh lebih enak menggunakan motor karena lebih bisa menikmati perjalanan bisa melihat jalanan, pertokoan. Ketika perjalanan jauh lebih enak menggunakan mobil karena bisa sambil beristirahat dan muat banyak orang jadi ketika mau perjalanan dengan keluarga lebih nyaman.

Untuk saat ini, saya lebih memilih motor untuk berkendara. Dikarenakan kebutuhan seperti kuliah atau rapat offline ataupun sekedar main lebih praktis menggunakan motor. Badan motor yang kecil memudahkan untuk menyalip kendaraan lain ketika terburu-buru, tempat parkir yang lebih mudah dijangkau, dan juga angin alami yang kadang dapat membuat tenang ketika di motor.
Namun tentu saja kembali ke kebutuhan, jika saya pergi bersama keluarga ataupun teman dengan jumlah yang banyak (lebih dr 2 orang) maka saya menggunakan mobil. Faktor ini dipertimbangkan untuk kenyamanan bersama, rasa kebersamaan juga karena tidak harus ‘konvoi’ menggunakan banyak motor.

Menurutku semua tergantung kebutuhan, mobil dan motor memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa berkendara dengan mobil lebih aman dibanding dengan motor selain itu kita tidak perlu panas-panasan, tetapi motor jauh lebih cepat memakan waktu selama ada di perjalanan. Aku sendiri lebih memilih motor karena bisa memakan waktu yang relatif lebih singkat di banding bepergian dengan mobil, selain itu motor dengan mudahnya menyelip-nyelip di jalanan sempit, ongkos bensin pun terjangkau karena bisa mulai dari lima belas ribu

Saya pribadi lebih memilih motor, karena saya orangnya suka tidak sabaran. Kalo menggunakan motorkan bisa selap selip ketika macet, tetapi kalo menggunakan mobil tidak bisa selap selip.

Untuk perjalanan jarak jauh Saya lebih pilih untuk naik Mobil, selain untuk menghindari panas, hujan, dan debu polusi memang nyatanya naik mobil lebih nyaman daripada menggunakan motor.

Namun, untuk bepergian jarak dekat dan di dalam kota Saya lebih prefer motor meskipun akan terkena panas terik matahari nantinya.