Lebih prefer mana antara sekolah daring (online) atau luring (tatap muka secara langsung)?

Sejak diumumkan bahwa kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara daring atau online dikarenakan adanya pandemi covid-19 yang tejadi di tahun 2020 kemarin, pada tahun 2021 semester genap akan dipertimbangkan kembali untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara luring atau tatap muka secara langsung di sekolah. Dengan adanya sekolah daring memang memiliki keterbatasan bagi siswa yang tidak memiliki media atau akses yang memadahi. Adapun keluhan yang sering disampaikan para wali murid karena anaknya kesulitan untuk belajar sendiri di rumah dan tidak begitu menangkap materi yang diajarkan melalui online.

Kalau teman-teman sendiri, sebnarnya lebih prefer kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring atau luring ?

Kalau saya sih lebih prefer untuk sekolah luring di mana kita bisa bertemu langsung dengan teman-teman dan guru secara angsung di sekolah. Saya orangnya tidak bisa optimal kalau belajar di rumah karena suasana di rumah biasanya membuat saya lebih malas karena tiap hari ketemu kasur dan bantal hehe. Dan kalau sekolah luring, suasananya memang sangat mendukung untuk fokus belajar dan bisa berdiskusi dengan teman-teman. Tidak akan ada hambatan seperti koneksi yang buruk atau suara macet-macet seperti sekolah online.

Dengan sekola secara daring pun, tidak semua guru bisa memastikan murid-muridnya mendengarkan apa yang diajarkan. Apalagi kalau sudah off cam, kita tidak tahu apa yang dilakukan murid. Bisa saja tidur, atau tidak memperhatikan guru. Peraturan sekolah online sudah seharusnya dipertegas, seperti harus on cam, tetap izin apabila meninggalkan tempat, dan sebagainya.

Walaupun memang ada plus minusnya. Plus dari sekolah online, meminimalisir keterlambatan karena kita tinggal buka laptop dan aplikasinya. Kalau sekolah luring, biasanya kita terkena macet di jalan, belum lagi kalau parkiran penuh, jadi waktunya habis di cari tempat parkir. Dan apabila memang kegiata belajar mengajar akan dilakukan secara luring, saya harap protokol kesehatan tetap dilaksanakan dengan tepat. Mengingat penyebaran virus covid-19 masih belum mereda.