Lebih memilih mana, E-Book atau Buku biasa ?

membaca

(Farid Yoga Purnama) #1

e book dan buku biasa

Dengan berkembangnya teknologi, banyak sekali orang lebih memilih e-Book dibandingkan dengan Buku biasa karena lebih simple, dan mudah dibawa kemana-mana untuk dibuat belajar atau sekedar membaca. Bagaimana menurut anda jika melihat dari segi manfaat, lebih nyaman mana membaca e-Book atau Buku biasa?


(Whita Parasati) #3

Menurut saya pribadi lebih nyaman menggunakan buku biasa daripada menggunakan ebook, karena lebih mudah untuk mengingat bagian mana yang sudah dibaca, dan lebih teliti membaca jika menggunakan buku biasa. Meskipun jika dilihat dari segi manfaat, ebook juga bermanfaat dalam mengurangi beban membawa buku biasa, ebook lebih mudah diakses melalui smartphone ataupun tablet atau laptop. http://www.students.org/2015/01/08/ebook-vs-textbook/

Namun, jika sering membaca e-book di malam hari, hal itu akan mengurangi kualitas tidur pembaca. Selain itu, kemampuan pemahaman bacaan juga lebih sedikit jika dibandingan dengan buku biasa. http://mentalfloss.com/article/69380/5-reasons-physical-books-might-be-better-e-books


(Panji Wicaksono) #4

E-Book dan buku biasa sangatlah berbeda, disamping itu juga ada kelebihan dan kekurangannya. Berikut ada kekurangan dan kelebihan E-Book dan buku biasa

Kelebihan E-Book :

1. Harga e-book lebih murah daripada buku biasa atau konvensional
Ini merupakan salah satu alasan terbesar yang membuat orang lebih memilh e-book daripada buku biasa, bandingkan saja harga buku konvensional yang isinya hampir sama dengan 2 sampai 3 kali lipat harga e-book, sedangkan harga-book sendiri sangatlah murah bahkan bisa gratis yang kita dapatkan dari beberapa situs yang menyediakan e-book gratis.

2. E-book ramah lingkungan
Dengan menggunakan e-book kita telah menghemat kertas yang dihasilkan dari pohon. Kita pun juga menghemat tinta, karena e-book tidak memerlukan tinta sama sekali

3. E-book anti rusak
Selama tidak terkena virus, itu pun juga dapat dibersihkan dengan anti virus. Bayangkan saja dengan buku konvensional yang dapat rusak, sobek, ketumpahan tinta dan berbagai hal yang dapat merusaknya.

4. E-book itu mudah dibawa dan memiliki ukuran yang relatif kecil
Kita dapat dengan mudah membawa beribu-ribu e-book hanya dalam flashdisk yang ukurannya mungkin hanya sekitar jari kita. Hal ini dikarenakan ukuran file e-bok yang relatif kecil.

5. Kita dapat menghemat waktu dan tempat kita
Kita dapat menghemat waktu kita karena kita tidak perlu ke toko buku untuk membli buku. Dari segi tempat, kita tidak memerlukan tempat untuk menyimpan e-book, sebab kita hanya membutuhkan 1 flasdisk yang dapat berisi beribu-ribu e-book.

6. Sistem pengiriman e-book sangat cepat
Kita dapat melakukan pengiriman e-book dalam hitungan beberapa menit bahkan bisa dalam beberapa detik. Bandingkan dengan buku konvensional yang memerlukan waktu berhari-hari.

Kekurangan E-Book :

1. Membutuhkan suatu perangkat lunak untuk membukanya, baik komputer atau alat lainnya Sehingga kita membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk membukanya, sedangkan buku biasa dapat langsung kita buka dan tutup sesuka hati .

2. Kenyamanan
Biasanya jika ingin membaca buku kita ingin dalam kondisi nyaman, seperti tiduran, duduk santai di sofa, dan tiduran di lantai. Hal ini tidak bisa kita lakukan dengan e-book, karena kita harus menatap PC atau laptop, dan terkadang kita tidak tahan untuk berlama-lama menatap monitor.

3. Mata yang tidak terbiasa untuk membaca di monitor
Hal ini membuat kebanyakan orang cenderung mencetak e-book dengan printer, setelah membaca beberapa halaman dari e-book.

4. E-book memiliki berbagai format
Yang terlihat dari extension filenya seperti pdf, txt, doc, chm, dejavue, iSilo, dan lain-lain. Hal ini membuat dibutuhkan berbagai aplikasi berbeda untuk membukanya maupun membuatnya.Misal untuk format PDF, untuk membacanya umumnya menggunakan Acrobat dari Adobe. Untuk membuatnya menggunakan aplikasi sejenis PDF writer.

5. Tidak semua format e-book memiliki sekuriti yang baik
Misal format txt, sangat rentan terkena virus atau dijebol sekuritinya. Sedangkan pdf sudah memiliki sekuriti yang baik. Tetapi secanggih apapun format sekuriti e-book, karena digital, e-book tetap bisa dibongkar terutama oleh para hacker.

6. Sensasi
Maksudnya disini, kita memiliki rasa sensasi yang kita rasakan ketika membuka tiap-tiap lembaran dari buku biasa, namun hal ini tidak kita rasakan pada e-book.

Kelebihan Buku

1. Dapat disentuh, dengan menyentuh buku kita memiliki sensasi sendiri dalam membacanya.

2. Sumber refrensinya terpercaya, banyak dari kalangan pelajar dan mahasiswa menggunakan buku sebagai media untuk menyiapkan skripsi yang dibuatnya.

Kekurangan Buku

1. Mudah rusak, karena sebuah buku memiliki waktu tersendiri untuk disimpan, mudah sobek, mudah terlipat.

2. Memerlukan tempat yang besar untuk menyimpan buku.

3. Membutuhkan perawatan khusus, misalnya dengan menyampulnya, membersihkannya dll. Sehingga perlu mengeluarkan modal.

Mungkin ini hanya beberapa hal yang terdapat diantara kedua jenis buku tersebut di sisi teknologi memang E-Book memang memiliki keunggulan, namun untuk kefleksibelan dan kemudahan memang buku konvensional lebih unggul dan memang sudah diketahui oleh banyak orang.


(Afridha Berliani) #6

Menurut saya pribadi, saya lebih memilih menggunakan buku. Memang, buku pun memiliki kekurangan seperti kertas yang tidak tahan lama, memakan space, dan tidak ramah lingkungan.

Namun untuk ebook sendiri ada kelebihan maupun kekurangannya. Kelebihannya yaitu ramah lingkungan, dapat diakses dari perangkat mobile dan pc, tidak memakan space, relatif lebih murah dibanding versi cetak. Kekurangannya menurut saya yaitu, mata ketika membaca ebook dengan perangkat mobile maupun PC akan menjadi cepat lelah dan kita juga terpapar radiasi dari perangkat tersebut.


(Gede Dandy Salodivansa Barani) #7

sebelum menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan ebook dan buku konvensional mari kita jabarkan pengertian dari ebook. Buku elektronik (disingkat Buku-e atau ebook) atau buku digital adalah versi elektronik dari buku. Jika buku pada umumnya terdiri dari kumpulan kertas yang dapat berisikan teks atau gambar, maka buku elektronik berisikan informasi digital yang juga dapat berwujud teks atau gambar. Setiap hal didunia ini pasti memiliki keuntungan dan kerugian tanpa terkecuali ebook, oleh karena itu disini saya akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan dari ebook.

KELEBIHAN EBOOK DIBANDING BUKU BIASA

1. Untuk mendapatkannya sangat mudah

Ebook, untuk mendapatkannya lebih mudah dibanding Anda mendapatkan buku biasa. Dengan duduk di depan komputer atau gadget secara online, dalam waktu yang tidak terlalu lama pun Anda bisa mendapatkan ebook yang Anda inginkan. Sebab ebook bisa juga Anda download secara gratis di internet. Namun bagi ebook yang dijual, tentunya masih akan ada proses pembayaran lagi yang harus anda lakukan.

Dan ini terkadang memerlukan waktu lagi. Tapi, tetap saja waktu itu tidak selama jika Anda harus pergi ke toko buku yang jauh, misalnya berjarak ratusan kilo meter dari kampung Anda.

2. Untuk membuatnya sangat mudah dan tidak terlalu banyak biaya

Berbeda dengan pembuatan buku biasa, ebook sangat mudah dibuat. Anda hanya perlu aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat ebook seperti aplikasi pembuka pdf, dan lain-lain. Mengapa mudah membuatnya? Pertama, Anda bisa membuatnya di mana pun Anda pergi (asalkan ada media seperti laptop dll) Kedua, jika ada kesalahan dalam ebook, Anda bisa memperbaiki kesalahan tersebut dengan cara mengeditnya. Ini tidak akan bisa dilakukan jika Anda telah mencetak buku biasa. Masalah biaya, tentunya untuk membuat ebook jauh lebih hemat. Anda hanya perlu komputer atau laptop, aplikasi gratis, dan koneksi internet yang cukup. Ebook pun bisa anda gandakan sebanyak mungkin tanpa batasan, dan tanpa biaya lagi seperti kertas, tinta, dll.

3. Mudah disimpan dan di bawa-bawa

Ukuran ebook yang kecil, memberi kelebihan tersendiri bagi penggunannya. Anda tidak perlu lagi membuat ruangan khusus untuk menyimpan buku-buku Anda. Sebab ebook bisa disimpan di dalam berbagai media penyimpanan seperti flashdisk, memory card, harddisk eksternal dll. Dan Anda pun dengan mudah membawanya ke mana-mana. Jika Anda mudah membawanya ke mana-mana, maka dengan menyimpannya di perangkat mobile seperti laptop dan gadget, berarti Anda pun dengan mudah juga membacanya di mana pun. Meskipun tidak terkoneksi dengan internet.

4. Tidak perlu perawatan

Ebook, tidak perlu Anda rawat layaknya buku yang harus disimpan dan dijaga dari kerusakan. Ebook tidak akan kotor, jadi tidak perlu Anda bersihkan setiap saat. Ebook tidak di makan rayap, tidak basah, tidak sobek dll. Sebab ebook dalam bentuk digital. Yang harus Anda lakukan adalah merawat tempat penyimpanan ebook tersebut agar jangan sampai rusak atau hilang. Mudah saja. Gandakan ebook di beberapa tempat penyimpanan. Selain itu, Anda juga perlu membaca tips mengamankan data penting agar tidak hilang.

Selain memiliki kelebihan tentunya memiliki kekurangan, yaitu :

1. Membutuhkan suatu perangkat lunak untuk membukanya baik komputer atau alat lainnya.
Sehingga kita membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk membukanya, sedangkan buku biasa dapat langsung kita buka dan tutup sesuka hati .

2. Mata yang tidak terbiasa untuk membaca di monitor.
Hal ini membuat kebanyakan orang cenderung mencetak e-book dengan printer, setelah membaca beberapa halaman dari e-book.

Referensi :


(Anavira Nuravita) #8

Menurut saya pribadi, saya lebih suka membaca melalui buku biasa. Bukan karena saya tidak memanfaatkan teknologi yang sudah berkembang ini. Saya lebih menyukai buku biasa karena saya sendiri tidak nyaman jika harus menatap sebuah layar untuk membaca banyak tulisan disana. Efek yang sering muncul pada saya adalah pusing. Bagi saya, membaca buku biasa juga dapat membuat saya lebih mudah mengingat bahasan-bahasan atau isi yang ada dalam buku tersebut.


(Neala Agita) #10

Menurut saya pribadi lebih menyukai buku biasa yang ketika menempuh pendidikan dari TK, SD, SMP, SMA hingga Kuliah terbiasa menggunakannya dibanding menggunakan e-book. Namun, tak jarang untuk mendapatkan informasi secara efisien, saya juga sering menggunakan e-book sebagai sumber informasi. E-book ataupun buku biasa memiliki kelebihan-kelebihan masing-masing. Penggunaan e-book pada masa kini, saya rasa masih kurang berkembang atau digunakan dengan anak-anak sekolah.

Antara buku dan e-book memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ketika membaca buku biasa dapat memudahkan kita dalam memahami karena terasa nyata, kita dapat menggunakan pulpen highlight atau stabilo untuk dapat memahami kata-kata yang ingin dipahami secara langsung. Meskipun begitu, kekurangan yang dimiliki buku biasa adalah terkadang kita sulit untuk mencari buku-buku referensi secara otomatis, seperti e-book dimana kita tinggal mencari di internet lalu dengan mudah kita mendapatkan buku yang kita inginkan. Kelemahan buku biasa yang lain adalah terdapat buku-buku tertentu yang dipergunakan khususnya dalam pendidikan yang memiliki tebal hingga ratusan halaman. Harga buku-buku yang tersedia di toko buku biasa pun terkadang tak kalah mahal dengan biaya pencetakan berwarna yang sangat mahal.

E-book memang terlihat lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan kertas. Penggunannya pun sangat mudah dan cepat. Harga yang ditawarkan pun lebih murah karena tidak harus melewati biaya-biaya yang diperlukan untuk mencetak sebuah buku. Namun, jika kita ingin menandai hal-hal penting dalam e-book tersebut, tak jarang kita harus menggunakan aplikasi tertentu yang harganya mahal.Mesikpun, e-book terasa lebih efisien, namun e-book yang masih menggunakan perangkat-perangkat yang memiliki baterai dengan daya tampung dari 3-4 jam akan sangat merugikan kita apabila buku yang ingin kita baca diperlukan.

Jadi, penggunaan e-book atau buku biasa seimbang. Kembali lagi pada diri masing-masing, namun pilihan saya untuk saat ini tetap berada pada buku biasa yang memberikan kenyamanan secara nyata dalam memperoleh informasi.


(DianHerbayu) #12

Saya lebih suka membaca buku biasa.

Bisa disentuh dan dirasakan
Sebuah buku bukan hanya obyek, tapi hampir seperti makhluk hidup. Ketika Anda memilih sebuah buku dari toko, Anda menyentuhnya, memeriksa covernya dan membaca sinopsis di belakang. Anda pada dasarnya berinteraksi dengan buku. Dalam media elektronik, Anda tidak bisa melakukan interaksi lebih.

Tidak melukai mata
Menatap layar monitor terus menerus sambil membaca bisa menjadi sangat melelahkan bagi mata Anda. Membaca buku membuat mata lebih rileks asal Anda tidak membacanya di tempat gelap.

Bisa dijadikan hiasan
Anda bisa menjadikan buku sebagai hiasan rumah, dengan menyusunnya sekreatif mungkin. Sementara e-book hanya bisa dilihat tanpa bisa disentuh sehingga hanya bisa dibaca saja.

E-book tidak ditandatangani
Anda bisa memberi catatan kecil atau tanda tangan pada buku kesayangan Anda. Sementara Anda tidak bisa memperlakukan hal yang sama pad e-book.