Lebih dekat ke Matahari, kenapa Merkurius tidak sepanas Venus ?

planet

Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari. Meskipun demikian, Merkurius bukanlah planet terpanas dalam tata surya kita. Apa penyebabnya?

Kita tahu lah urutan planet dari yang terdekat dengan matahari adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Suhu Merkurius itu sendiri mencapai 426°C (rata-rata 167-200°C) sedangkan suhu Venus mencapai 497°C (rata-rata 462-464°C). Yang jadi pertanyaan adalah bukannya semakin dekat dengan matahari itu suhu planet akan semakin panas, ya? Hmm, kayaknya itu bukan satu-satunya faktor mutlak

jawabannya adalah atmosfer. Lapisan udara yang satu ini pada Venus cukup tebal, padat, dan banyak mengandung karbondioksida. Kandungan karbondioksida yang cukup banyak pada Venus akan membuat panas terperangkap sehingga membuatnya nggak bisa dilepaskan kembali ke luar angkasa. Hal ini dapat membuat suhu suatu planet semakin naik. Aku bisa mengibaratkan ini adalah seperti efek rumah kaca. Beda dengan lapisan atmosfer milik Merkurius yang jauh lebih tipis dan jenis gas yang juga lebih bervariasi. Meski pada siang harinya, suhu Merkurius lebih panas daripada Venus akibat jaraknya yang lebih dekat, namun sekali lagi karena tipisnya lapisan atmosfernya, panas matahari akan lebih mudah untuk dilepaskan dan “lebih menyebar jauh” pada malam hari. Sehingga dari sini, dapat dikatakan bahwa suhu terpanas secara keseluruhan adalah Venus.

Sumber:Kenapa Venus Lebih Panas padahal Merkurius Lebih Dekat dengan Matahari? – Seputar Sains dan Pseudosains