Lebih baikkah jika berolahraga diluar ruangan? ketimbang didalam ruangan?

unsplash_sport

Olahraga sudah menjadi aktifitas yang sangat bermanfaat bagi manusia, dari bisa membakar lemak, memberi rasa semangat, atau hanya sekedar hobi bagi sebagian orang. Apalagi disaat pandemi sekarang ini, olahraga menjadi bagian penting dalam kehidupan, karena selain manfaat tadi diatas olahraga juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. Maka dari itu olahraga penting.

Tapi terlepas dari manfaatnya olahraga ada banyak macamnya, ada yang bisa dilakukan diluar ruangan dan ada juga yang bisa dilakukan didalam ruangan. Didalam kita berolahraga tubuh bergerak aktif dan membutuhkan oksigen yang baik untuk kita hirup agar sirkulasi tubuh menjadi baik pula. Tapi pasalnya jika berolahraga didalam ruangan kadar oksigennya mungkin tidak sebaik jika kita melakukannya diluar ruangan.

Nah menurut Youdics atau artikel yg ditemukan youdics, apakah berolahraga didalam ruangan itu baik? atau biasa saja karena tetap ada udara didalam?

Menurut aku, olahraga didalam ruangan itu juga banyak manfaatnya kok. Kembali lagi dengan pribadi masing-masing sih. Kalau aku sejujurnya lebih suka olahraga didalam ruangan, karena menurut aku lebih flexibel. Jadi ketika cuaca lagi hujan, panas, dingin itu bukan halangan untuk tetap berolahraga. Selain itu juga, dari pengalaman aku, olahraga didalam ruangan itu juga menjadikan aku fokus olahraga, tidak terlalu banyak distraksi. Pernah aku lagi mencoba yoga outdoor, tapi malah nggak fokus karena terganggu oleh kondisi sekitar, padahal outdoor-nya juga dalam kondisi yang kondusif. Mulai dari situ, aku lebih menyukai olahraga indoor.

Waktu sebelum pandemi, aku sebenarnya suka melakukan hybrid gitu. Jadi tergantung dengan jenis olahraganya. Kalau misalkan aku ingin olahraga sambil menikmati udara pagi, pasti aku bersepeda / jogging. Sedangkan kalau aku lagi ingin kefokusan, aku membutuhkan yoga dan pasti aku akan memilih untuk didalam ruangan saja. Mungkin dalam benak orang lain, olahraga didalam ruangan pasti “pengap” atau udaranya penuh. Tapi sebenarnya jika kita tetap memperhatikan ruang sirkulasi udara, tetap fine fine ajasih olahraga didalam ruangan. Apalagi sekarang lagi musim pandemi ya. Jika olahraga indoor saja bisa kenapa harus outdoor?

Menurut saya, olahraga di dalam maupun di luar ruangan sama - sama memberikan dampak yang positif bagi tubuh apapun jenis olahraganya dan saya juga menyukai keduanya. jika ditanya mana yang lebih baik diantara berolahraga di dalam atau di luar ruangan, saya lebih suka mengandalkan situasi dan kondisi. saya sendiri memiliki hobi bermain futsal bersama kawan - kawan satu tim saya baik saat di SMA maupun saat kuliah dan futsal juga merupakan olahraga yang bisa dilakukan indoor maupun outdoor. tetapi memang saya cenderung lebih suka olahraga yang outdoor ketimbang indoor karena lebih banyak udara segar yang bisa saya dapatkan dibandingan dengan olahraga di dalam ruangan.

Tetapi di masa pandemi seperti ini, saya justru lebih banyak menghabiskan berolahraga di dalam ruangan seperti melakukan workout rutin dan membantu membersihkan rumah di sela - sela kegiatan perkuliahan daring yang tentunya tidak membutuhkan banyak ruang dan lumayan fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dari rumah kita sendiri sebagai contoh. intinya adalah, berolahraga baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan tergantung dari selera kita serta bagaimana situasi dan kondisi yang ada di sekitar kita. yang paling penting adalah bagaimana kita bisa tetap sehat di segala situasi bukan ?

1 Like

Keduanya sama-sama baik dan memiliki kelebihannya masing-masing. Namun, saya pribadi lebih menyukai olahraga di luar (outdoor) karena saat olahraga di luar ruangan dapat sambil melihat pemandangan alam yang akan menyejukkan jiwa kita apalagi jika dilakukan dipagi hari pemandangan pohon dan tumbuhan hijau bisa memberikan ketenangan dan menyingkirkan perasaan-perasan gelisah.

Dilansir dari halodoc.com, berikut kelebihan dari olahraga di luar ruangan :

  • Dapat membakar kalori lebih banyak karena tubuh akan mengeluarkan lebih banyak energy saat melewati jalanan yang tidak rata
  • Bonus Vitamin D dari sinar matahari
  • Memperbaiki suasana hati
  • Baik untuk kesehatan jiwa
  • Lebih efektif dalam membentuk otot, meningkatkan kontrol dan keseimbangan neuromuskular