Lebih Baik Pakai Bizagi atau Bonita untuk Pemodelan Proses Bisnis?

Pemodelan proses bisnis adalah kegiatan memodelkan suatu proses didalam bisnis menggunakan software BPMN. BPMN (Business Process Model and Notation) berdasarkan beberapa ahli merupakan tandar untuk menggambarkan proses bisnis yang dikeluarkan oleh Open Management Group (omg.org). Diantara banyak software yang populer adalah Bizagi dan Bonita, jadi dalam pemodelan proses bisnis lebih baik pakai Bizagi atau Bonita?

source

http://www.bpmn.org/

Aku akan membahas Bizagi Modeler menurut pengalamanku, mugkin ada yang membahas bonita jadi bisa di bandingkan. Menurut pengalamanku, bizagi mudah digunakan untuk pemula, sayangnya versi gratisnya tidak bisa digunakan untuk simulasi, harus membeli lisensi atau menggunakan versi trial. Bizagi tersedia di desktop, sayangnya hanya untuk windows, tidak tersedia untuk mac, linux, dan chromebook, selain di desktop, bizagi juga dapat digunakan di mobile, baik di android, iphone, maupun ipad.

Karena Bizagi tidak bisa digunakan secara offline, jadi Bizagi mempunyai Support Center yang siaga selama 24/7 atau 24 jam selama 7 hari dalam artian lain adalah setiap saat. Bizagi juga punya Help Desk untuk pengguna mengirim email yang berisi saran, lalu ada official forum untuk pengguna bisa bertanya atau menjawab seputar Bizagi dan kadang dibantu menjawab oleh perwakilan dari Bizagi. Bizagi juga mengadakan training seperti Live Online, dimana beberapa orang yang mendaftar akan dilatih secara langsung dan online sehingga semua orang dari berbagai negara bisa mengikutinya, lalu ada webinars atau seminar online, dokumentasi, dan tutorial tips dan trik dalam bentuk video.

Leih dalam lagi, Bizagi mempunyai notifikasi atau alarm untuk memperingatkan kita jika ada yang baru atau terjadi suatu kesalahan saat melakukan percobaan, lalu ada manajemen visual workflow yang digunakan untuk menyambungkan bizagi dengan basis data yang berbeda-beda tetapi tetap bisa tersambung pada satu aliran, aliran ini juga bisa bekerjasama atau digunakan oleh partner lain yang ingin menggunakannya. Jadi kesimpulannya, Bizagi sangat cocok untuk pemula, karena banyak support dan forum yang siap membantu dan terdapat video tutorial untuk belajar menggunakan Bizagi.

Scource

Bizagi vs Bonita 2021 - Feature and Pricing Comparison on Capterra
Bizagi - Low-Code Automation Leader

Menurut saya lebih baik bonita karena dari pengalamanku, bonita itu user friendly dimana bonita menawarkan User Interface yang menarik dan intuitif bagi user sehinggua user bisa dengan cepat beradaptasi dalam menggunakan bonita. Bonita juga memberikan kemudahan dalam melakukan kustomisasi dalam pembuatan business logic dengan coding yang sedikit meningkatkan efisiensi dan rapid development. Bonita juga berlisensi open source sehingga dapat mengoptimalkan bisnis proses dengan biaya yang rendah. Bonita juga memberikan kemudahan bagi user dimana user dapat mengakses aplikasi dimana saja dan kapan saja dengan cepat. Kemudian bonitu ja memberikan kemudahan bagi user untuk kolaborasi dengan analis dan developer sehingga inovasi atau ide baru dari proses bisnis dapat dieksekusi dengan cepat. Bonita juga memiliki engine yang dapat menghandle dan mengoptimalkan transactions, database schema dan multi-threading serta kemudahan deployment sehingga menawarkan penggunaan yang maksimal.

Bonita juga memberikan banyak fitur yang tidak dimiliki bizaga dimana fitur tersebut untuk melakukan manajemen proses bisnis. Fitur yang pertama ada bonita studio. Dengan fitur ini user dapat membuat dan memodifikassi diagram proses bisnis secara grafis berdasarkan standar BPM Nation. Selain itu, fitur ini juga membantu bagi developer untuk melakukan development, integrasi, kustomisasi dan deployment dengan coding yang sedikit. Kemudian ada fitur Bonita UI designer. Fitur ini berguna untuk mendesain UI dari form yang dibutuhkan dalam proses bisnis hanya dengan drag-and-drop menggunakan widged yang telah disediakan. Fitur selanjutnya yaitu Custom Fragmen dan Widget. Fitur ini bisa membuat dan menyimpan custom layout yang dapat digunakan oleh proses lain. Kemudian ada fitur bonita portal. Fitur ini memudahkan user dalam memonitor dan mengontrol seluruh proses, task, API Calls, dan application berdasarkan real-time insight. Selanjutnya ada fitur REST API dan Built-in Connectors. Dimana fitur berintegrasi dengan aplikasi lain melalui REST API dan connector terhadap aplikasi lain yang telah disediakan seperti LDAP, CMS, CRM, SMTP dan sebagainya. Kemudian ada fitur BPMN 2.0 dimana bonita menggunakan fitur in sebagai standard notasi yang intuitif dan powerful. Fitur selanjutnya yaitu Business Data Model Editor dimana fitur ini adalah fitur UI khusus untuk membuat dan mengelola database yang dibutuhtakn untuk menjalankan proses bisnis. Fitur selanjutnya yaitu Actor Mapping. Fitur ini berguna untuk mengidentifikasi user agar menjalankan task tertentu sehingga proses bisnis dapat lebih akurat. Dan masih ada beberapa lagi fitur yang tidak dimiliki oleh bizagi