Lebih baik meneruskan perkembangan teknologi yang menutup profesi manusia? atau tidak?

unsplash_robot

Teknologi semakin canggih dari waktu ke waktu. Mesin dan robot yang diciptakan manusia lambat laun akan menggantikan pekerjaan manusia juga. Sebagai individu yang terus bekerja demi sesuap nasi, manusia harus mengetahui apa saa profesi yang akan digantikan robot di masa depan nanti.

McKinsey Global memperkirakan sekitar 800 juta orang akan kehilangan pekerjaan di tahun 2030 nanti akibat otomatisasi. Sementara itu, World Economic Forum menampilkan perubahan teknologi yang akan terjadi hingga tahun 2022 berdasarkan laporan ‘Future of Jobs Report 2018’

Nah menurut Youdics lebih baik teknologi ini dibiarkan berkembang? atau kita yang harus lebih siap menghadapi masa depan?

Summary

Kehidupan manusia yang bermula dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Di jaman yang semakin canggihnya teknologi yang berkembang saat sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis. Teknologi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Dunia saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Pada intinya teknologi diciptakan dengan tujuan untuk membantu dan meringankan manusia dalam melakukan segala tugas dan pekerjaannya agar lebih efektif dan efisien. Bukan untuk menyengsarakan manusia. Namun, pada kenyataannya, sumber daya manusia lah yang belum siap untuk menerima kemajuan teknologi yang begitu pesat ini, jadi menurut saya penting diadakan upaya-upaya untuk mendukung kesiapan dalam kemajuan teknologi pada jaman seperti sekarang ini.

1 Like
Perkembangan teknologi sangat cepat di zaman sekarang, meski begitu kita tidak bisa menghentikan perkembangan teknologi sendiri. Banyak orang yang masih tetap meneruskan mengembangkan teknologi, meski dapat menggantikan profesi manusia tetapi dengan berkembangnya teknologi maka akan ada profesi baru, jadi bisa dibilang perkembangan teknologi bukan menutup profesi manusia, tetapi mengganti profesi manusia, hanya saja orang yang mengerjakan profesi lama yang digantikan oleh profesi baru harus mencari pekerjaan lain untuk menyambung hidupnya.
src

LisNesia

1 Like
Menurut saya lebih baik meneruskan perkembangan teknologi. Memang perkembangan teknologi tentunya dapat mengubah wajah pasar pekerja. Meskipun teknologi mengancam akan menggantikan beberapa pekerjaan manual yang dilakukan manusia, tingginya permintaan untuk sektor teknologi juga dapat membuka lapangan pekerjaan baru. Menurut Kepala Perwakilan Asian Development Bank (ADB) untuk Indonesia Winfriend Wicklein di dalam laporan terbarunya yang bertajuk Asian Development Outlook (ADO) 2018: How Technology Affects Jobs, yang isinya adalah perkembangan teknologi khususnya diperusahaan akan membuka lowongan kerja baru. Hal itu tidak membuat banyaknya kehilangan pekerjaan. Ekonom ADB Emma Allen menambahkan perkembangan teknologi seperti robotik dan kecerdasan buatan (AI) telah menjadi ancaman bagi pekerja manual. Pekerjaan berulang yang dilakukan oleh pekerja yang tidak memiliki pendidikan tinggi dan keterampilan khusus dapat menghadapi perlambatan kenaikan upah. Menurutnya pekerjaan yang menggunakan kognisi, interaksi sosial, dan penggunaan ICT akan berkembang 2,6% lebih cepat.
Source

https://ekonomi.bisnis.com/read/20180411/9/783114/teknologi-jadi-ancaman-tapi-ciptakan-lapangan-kerja-baru

1 Like