Langkah apa yang diperlukan untuk mendapatkan daftar kebutuhan pengguna?

user requirement

Untuk menganalisa dan mendapatkan daftar kebutuhan pengguna terhadap produk yang akan dibuat bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Hal ini dikarenakan beragamnya pola pikir dan cara pandang pengguna terhadap pengembangan software sering membuat proses analisa kebutuhan pengguna terhambat.

Langkah apa yang diperlukan untuk mendapatkan daftar kebutuhan pengguna?

Dalam menganalisa kebutuhan pengguna maka diperlukan output daftar kebutuhan pengguna.
untuk mencapai daftar tersebut maka dibutuhkan beberapa langkah penting sebagai berikut.

Langkah pertama
Selalu menjaga hubungan yang baik dengan pihak perusahaan. Hal ini cukup penting karena akan memperlancar proses pembangunan software.

Langkah kedua
Wawancarai seluruh stakeholder atau pihak-pihak yang terkait dengan sistem (software) yang akan dibangun. Hasil wawancara dapat dicatat atau akan lebih baik lagi jika direkam untuk selanjutnya diubah ke dalam bentuk transkrip wawancara.

Langkah ketiga
Lakukan pengamatan secara langsung proses yang terjadi di perusahaan, sehingga kita dapat mengetahui secara lebih rinci mengenai permasalahan yang dihadapi dalam menjalankan proses bisnisnya.

Langkah keempat
Lakukan benchmarking terhadap sistem sejenis atau perusahaan lain yang sudah menerapkan sistem sejenis. Hal ini penting untuk mengetahui pola umum dan kebutuhan sistem yang akan dibangun. Selain itu juga dapat sebagai masukan sehubungan dengan teknologi terkini yang tepat untuk pengembangan sistem tersebut.

Langkah kelima
Setelah proses analisa kebutuhan dirasa cukup, buatlah daftar sederhana yang menggambarkan mengenai software yang akan dibangun termasuk batasan-batasannya. Sampaikan ke pengguna dan jika perlu sertakan bukti approval dari pengguna (contoh: tanda tangan) sehingga di kemudian hari tidak terjadi perubahan terhadap spesifikasi software yang dibangun.

Referensi
Analisa Kebutuhan User, Langkah Penting yang Sering Terlupakan