Langkah apa saja yang dilakukan dalam Delphi Technique?


Delphi Technique adalah metode yang digunakan untuk mengestimasi kemungkinan dan memperkirakan hasil yang akan terjadi. Sekelompok ahli bertukar pandangan, dan masing-masing memberikan asumsi pada peninjau data dan mengeluarkan ringkasan laporan. Lalu langkah apa saja yang harus dilakukan dalam Delphi Technique?

Delphi Technique memiliki beberapa langkah, berikut ini pembahasannya:

  1. Memilih Fasilitator
    Fasilitator yang dipilih baiknya berkaitan dengan proyek yang sedang dijalani.

  2. Identifikasi Seorang Ahli dibidangnya
    Teknik Delphi bergantung pada para ahli. Mungkin saja adalah bagian dari proyek yang sedang dijalani, pelanggan, atau pakar lain dari dalam organisasi atau industri Anda. Seorang ahli adalah, setiap individu dengan pengetahuan dan pengalaman yang relevan dari suatu topik tertentu. ¹

  3. Definisikan Masalah
    Masalah apa yang ingin dipahami? Hal ini perlu dilakukan, agar para ahli dapat memberikan masukan yang tepat dan komprehensif.

  4. Pertanyaan Ronde Pertama
    Terlebih dahulu ajukan pertanyaan yang umum untuk mendapatkan pemahaman yang luas tentang pandangan para ahli tentang future. Pertanyaan-pertanyaan dapat berupa kuesioner atau survei. Dokumentasikan hasilnya,

  5. Pertanyaan Ronde Kedua
    Berdasarkan jawaban atas pertanyaan pertama, pertanyaan berikutnya harus menggali lebih dalam topik untuk memperjelas masalah tertentu. Dapat berupa kuisioner atau survei. Lakukan hal yang sama, dokumentasikan.

  6. Pertanyaan Ronde Ketiga
    Kuesioner akhir bertujuan untuk fokus pada pengambilan keputusan pendukung. Menguasai hal yang sudah disepakati sebelumnya. Apa yang disepakati para ahli?
    memungkinkan jika Pertanyaan yang diajukan lebih dari tiga ronde, jika diperlukan.

  7. Bertindak atas Temuan Anda
    Setelah putaran pertanyaan ini, berharap para ahli mencapai konsensus dan Anda akan memiliki pandangan tentang peristiwa masa depan. Analisis temuan dan letakkan rencana untuk menangani risiko dan peluang di masa mendatang untuk proyek Anda.

Kesimpulan
Gunakan Teknik Delphi untuk membuat Struktur Perincian Kerja, mengidentifikasi risiko dan peluang, mengumpulkan pengalyang didapat dan kapan saja Anda biasanya melakukan sesi tukar pikiran.

Predicting the future is not an exact science, but the Delphi Technique can help you understand the likelihood of future events and what impact they may have on your project.