Lakukan Hal yang Disukai

Kita Menjadi Tua Karena Berhenti Bermain

Dalam kata simple di atas, bermain tidak dalam artian bermain selayaknya anak kecil. Maksud dari kutipan yang berasal dari seorang penulis novel ini adalah untuk terus melakukan apa yang kamu sukai.

Dengan terus melakukan apa yang disukai, kamu bisa terus bahagia dan awet muda. Jangan pernah kehilangan gairah untuk melakukan hal yang kamu sukai.

Sumber:

1 Like

Pekerjaan yang kita lakukan terkadang bukan dari apa yang kita inginkan melainkan, suatu menjadi suatu kegiatan yang terpaksa kita kerjakan. Jika kita mengawali pekerjaan itu hanya karena kita ingin disukai oleh orang orang maka itu hanya akan menghasilkan, hasil yang sia-sia hal ini dikarenkan kita melakukan hal yang tidak kita sukai. Dimana kita tidak akan benar-benar serius dalam menjalankan pekerjaan tersebut, dan hal ini akan menghasilkan sesuatu yang tidak memiliki manfaat bagu diri sendiri dan orang lain. Pekerjaa yang tidak kita sukai hanya akan membuat kita bekerja seadanya dengan berfikiran “yang penting selesai”. Ini hanya membuang waktu kita, karena kita melakukannya dengan seadanya bukan semampunya.

Lakukanlah pekerjaan yang memang kita sukai, karena jika kita menyukai pekerjaan itu seberat apapun pekerjaan yang dibebankan kepada kita, kita akan berusaha semampu kita untuk memberikan yang terbaik, membuat suatu hal menjadi bermakna bagi orang lain dan diri kita sendiri. Waktu yang kita habiskan jika pekerjaan itu adalah hal yang kita sukai seakan terasa cepat dan kita akan berusaha menghasilkan suatu hasil yang lebih baik dari sebelumnya, dan ini tentu saja memiliki nilai positif bagi diri kita dimana kita meningkatkan mutu diri kita sendiri.

Ada beberapa manfaat ketika kita melakukan apa yang kita sukai. Seperti yang dilansir dari lifehack.org,di dalam otak kita, reticular-activating system menyaring informasi berdasarkan urutan nilai-nilai yang kita anut. Maksudnya, otak kita akan membuang info yang tak benar-benar kita sukai atau minati, sementara info yang sesuai dengan minat dan hal-hal yang kita sukai akan disimpan.

Reticular Activating System (RAS) adalah suatu bagian otak manusia yang berupa struktur longgar neuron yang menghubungkan jaringan saraf tulang belakang dan seluruh bagian otak.

Ambil contohnya begini, kamu seorang musisi dan temanmu seorang desainer. Saat menonton sebuah film, kamu dan temanmu akan fokus pada hal yang berbeda. Kamu akan lebih fokus dan menaruh perhatian lebih pada musik dan sisi audio film tersebut.

Sedangkan temanmu akan fokus pada desain kostum para pemain dan sisi visualnya. Kamu dan temanmu memiliki cara sendiri dalam menyaring info sehingga info yang akan terekam dalam ingatan juga berbeda.

  • Otak Memproduksi Serotonin dan Dopamin Saat Kita Melakukan Hal yang Kita Suka

Saat kita melakukan hal yang kita suka, tubuh akan dengan sendirinya bersemangat dan penuh energi. Hal ini ada kaitannya dengan senyawa kimia yang diproduksi oleh otak. Saat kita melakukan hal yang kita suka atau melakukan hal-hal yang sesuai dengan nilai serta minat yang kita punya, otak akan mengeluarkan neurokimia yang bernama serotonin dan dopamin. Neurokimia (neurochemistry) adalah molekul organik yang terlibat dalam aktivitas sistem saraf.

Serotonin dan dopamin itu fungsinya bisa seperti permen yang bisa mendatangkan rasa bahagia. Tubuh jadi terasa lebih bugar, nafsu makan terkendali dengan baik, rasa bahagia meningkat, dan motivasi diri ikut meningkat.

Sebaliknya, saat kita melakukan hal-hal yang kita benci, otak akan memproduksi kortisol dan substance P. Kedua senyawa kimia itu bisa meningkatkan stres dan rasa sakit. Berbeda dengan serotonin dan dopamin, kortisol dan substance Pini seperti pil yang sangat pahit dan bukan obat yang bisa membuat tubuh sehat. Nggak heran kalau kita bisa merasa malas dan gampang capek kalau melakukan hal-hal yang pada dasarnya tidak kita suka.

  • Love What You Do and Do What You Love

Untuk menjaga kesehatan dan kestabilan mental, lakukan hal-hal yang memang kamu suka dan sesuai dengan nilai-nilai yang kamu anut. Baik itu melakukan pekerjaan yang kamu suka atau mempelajari sesuatu yang kamu minati, dengan begitu otak akan berkembang dengan lebih cepat dan lebih baik.

Saatnya untuk melakukan yang kita suka dan menyukai yang kita lakukan. Dengan begitu, bahagia bisa dengan mudah kamu ciptakan.