Ladang Sawah Terindah di Indonesia Yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

Sawah Tegalalang, Ubud Bali

Sawah Tegalalang yang terletak di Ubud Bali, dari kota Denpasar dibutuhkan waktu sekitar dua jam untuk menjangkaunya. Ketika kita telah sampai, kita akan disambut hamparan warna hijau yang dikelilingi pohon kelapa menjulang tinggi dan sejuknya udara di sawah Tegalalang akan membuat liburan lebih menyenangkan dan berkesan.

Karena keindahannya, Sawah Tegalalang Hampir tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara.

Bukit Pergasingan, Lombok

Bukit Pergasingan Lombok, kini muncul kepermukaan sebagai tempat wisata baru yang menjadi favorit bagi wisatawan, terutama pecinta alam dan pendaki gunung. Terletak di Desa Sembalun, Bukit Pergasingan merupakan sebuah bukit yang menjulang tinggi yang terletak disamping Gunung Rinjani.

Bukit Pergasingan memiliki ketinggian 1670 mdpl hanya selisih 56 meter dari Gunung Andong di Magelang, Bukit Pergasingan menawarkan pemandangan kotak-kotak sawah Desa Sembalun yang berwarna warni. Selain sawah Desa Sembalun, juga terlihat jelas Gunung Rinjani berdiri kokoh di depan mata.

Ditambah sunrise di Puncak Bukit Pergasingan juga tak kalah indah dengan sabana cukup luas menghampar.

Jatiluwuh, Bali

Desa Jatiluwih Tabanan Bali Indonesia, terletak di daerah Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Berada pada ketinggian 700 meter di atas permukaan air laut, merupakan daerah yang berdekatan dengan Gunung Batu Karu. Desa Jatiluwih menjadi kawasan terbesar untuk pemandangan sawah terasering di Bali dengan udaranya yang sejuk.

Tidak hanya pemandangan sawah berteras yang indah, Desa Jatiluwih juga menawarkan pemandangan sungai, pura, atau rumah-rumah penduduk yang masih sederhana. Suasana pedesaan benar-benar alami dan damai, dapat dirasakan di objek wisata Jatiluwih Bali.

Pengunjung dapat menikmati alam yang asri Desa Jatiluwih dengan menggunakan sepeda, atau menyewa mobil Volkswagen untuk berkeliling di areal persawahan desa Jatiluwih Penebel Tabanan. Hampir setiap hari desa Jatiluwih Penebel Tabanan ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Ladang Sawah Laba-laba di Flores juga ga kalah indah loh. Flores tidak hanya tentang pulau Komodo. Terdapat tempat cantik yang juga wajib untuk dikunjungi saat singgah di pulau Flores yaitu Spiderweb Rice Fields atau Sawah Sarang Laba-Laba yaitu ladang sawah unik menyerupai sarang laba-laba yang akan membuat siapapun terpesona.

Spiderweb Rice Fields atau Sawah Sarang Laba-laba ini terletak di Kabupaten Manggarai, Kecamatan Ruteng, Kelurahan Cancar. Selain bentuknya yang menyerupai sarang laba-laba, pembagian lahan bercocok tanam ini juga menarik untuk dipelajari.

Setiap bagian disebut sebagai Lodok. Sementara itu, di pusat sawah sebuah kayu sebagai poros pembagian lingko. Meski terlihat rumit, namun tidak sedikit yang kagum dengan tradisi turun temurun kebanggaan penduduk Manggarai ini.

Untuk melihat pemandangan cantik di Flores ini, pengunjung harus melakukan pendakian ke bukit di kampung Meler. Beberapa penduduk setempat dengan senang hati akan mengantarkan para tamu untuk menikmati pemandangan terbaik. Tidak butuh lama, hanya mendaki selama 10 menit pengunjung yang datang ke sana akan melihat cantiknya Sawah Laba-Laba dari atas ketinggian.