Kura-kura darat apa saja yang umum dipelihara di Indonesia ?

Kura-kura darat

Kura-kura darat apa saja yang umum dipelihara di Indonesia ?

1. Yniphora / Ploughshare Tortoise / Geochelone yniphora

image

Kura kura ini berasal dari Madagascar, termasuk kura yang terancam kepunahan diakibatkan perburuan dan rusaknya habitat mereka, shingga wajar jika harganya lumayan mahal. Berbagai usaha konservasi dilakukan untuk mempertahankan jenis ini dari kepunahan, mulai dari penangkaran dari lembaga lembaga terkait hingga “merusak” tempurung dari tiap individu yang berhasil ditemukan di alam liar agar tidak diburu untuk diperdagangkan sebagai hewan peliharaan.

2. Aldabra / Aldabra Tortoise / Aldabrachelys gigantean

image

Aldabra merupakan jenis torto terbesar kedua setelah torto Galapagos. Torto ini berasal dari pulau Aldabra Atoll di Seycelles, torto ini berwarna kehitaman dengan leher yang bisa memanjang yang biasa digunakan untuk meraih dedaunan di semak yang agak tinggi.Ukuran panjang kura jantan mencapai 120 cm dengan berat 250 kg, sedangkan betina mampu mencapai panjang 90 cm dengan berat 150 kg. Mereka memakan berbagai jenis semak, rumput rumputan, dan batang kayu muda yang lunak.
Aldabra-giant-tortoise-feeding-on-flower

3. Radiata / Radiated Tortoise / Geochelone radiate

image

Radiata merupakan torto dengan corak yang paling menarik (menurut saya) dari semua jenis torto. Dari betuk karapas hitamnya yang seperti kubah meninggi dengan corak garis garis kuning yang terlihat seolah memancar dari titik kuning di setiap scutenya.Ukuran radiata bisa mencapai 41 cm dengan berat 16 kg ketika dewasa.

4. Chery Head / Cheryhead Tortoise / Geochelone Carbonaria

image

Ada perbedaan dari Cheryhead dengan Red Footed, Cherry Head lebih kecil daripada Red Footed dan bisa muncul corak marble pada karapas maupun plastronnya. Cheryhead seperti namanya mempunyai sisik merah atau orange di kepalanya yang menyerupai buah Chery. Mereka berasal dari daerah Brazil dan Paraguay dengan habitat padang rumput dekat hutan tropis. Ukurannya bisa mencapai 30 cm.

5. Sulcata/ African Spurred Tortoise/ Geochelone Sulcata

image

Sulcata atau sering disebut sulcy atau sulki oleh para penghobi kura kura adalah torto sejuta umat di Indonesia, merupakan torto yang paling cocok dipelihara di Indonesia karena kemampuannya bertahan terhadap iklim di sini. Selain itu karena cocoknya iklim untuk sulcata, maka usaha breeding juga sudah mulai banyak berhasil di Indonesia sehingga ketergantungan akan sulcata yang impor sedikit berkurang.