Kupir untuk anjing doberman

Perlukah melakukan kupir ( cropping ear) pada anjing doberman? lalu apa dampak jika melakukan kupir?

46

Pengupiran bagi anjing tergantung kebutuhan dari ownernya. namun di eropa kupir sudah dilarang secara hukum. Hal ini dilakukan untuk menjaga hak asasi hewan. Dampak melakukan kupir:

  1. Untuk kebutuhan kosmetik (keindahan)

Seperti trah Dobermann, Miniature Pincher, Schnauzer, Fox Terrier, Great Dane, dan lain lain akan lebih indah dilihat jika daun telinga mereka di buang sedikit. Daun telinga yang sebelumnya turun atau terlalu besar ukurannya akan menjadi berdiri tegak dan bentuknya lebih indah. Bentuk kepala akan lebih terlihat jelas.

  1. Untuk kebutuhan fungsi

Kupir dilakukan untuk beberapa trah anjing seperti Dobermann, American Pit Bull Terrier, Boxer, Dogo Argentino, dan lain-lain untuk mempertegas wajah seramnya, dan mencegah luka pada telinga jika berkelahi. Seperti Boxer atau Dobermann yang dibreed khusus sebagai anjing penjaga, akan lebih seram raut wajahnya jika dikupir. Hal ini akan mempengaruhi psikiologi musuh yang dihadapi. Tetapi jika tidak dikupir, bukankah anjing Dobermann akan terlihat seperti anjing Dachshund yang sangat manis dan manja ?. Anjing aduan atau anjing buru biasanya juga memerlukan kupir untuk mencegah terlukanya atau tergigitnya daun telinga.

  1. Untuk kesehatan

Anjing yang dikupir biasanya memiliki kondisi didalam telinga yang lebih bersih dan kering. Berbeda seperti anjing yang memiliki daun telinga yang lebar dan menutupi lubang telinga biasanya akan lebih kotor dan basah. Anjing yang dikupir biasanya juga akan memiliki pendengaran yang lebih baik daripada sewaktu belum dikupir.