Kupas Tuntas Lip Filler, Suntik Bibir ala Kylie Jenner: Manfaat, Risiko, dan Harganya di Indonesia

image

Berbagai cara dilakukan untuk terlihat cantik dan menarik. Salah satu tren yang sedang digemari adalah filler bibir atau yang disebut juga dengan lip filler. Selebritis kenamaan Hollywood, Kylie Jenner, tampaknya telah menjadi trend setter dalam hal ini.

Filler bibir merupakan prosedur medis ringan yang bertujuan untuk memberikan perubahan pada kontur bibir seseorang. Caranya dengan menyuntikkan gel khusus ke dalam bibir. Gel yang umumnya dipakai hampir di seluruh dunia adalah gel yang disebut asam hyaluronat (AH).

Lip filler pada dasarnya diperuntukkan untuk memperbaiki tampilan bibir seseorang. Namun, selain untuk mempercantik diri, lip filler juga dapat digunakan pada pasien dengan kelainan scleroderma. Scleroderma adalah penyakit autoimun yang mengakibatkan pengerasan kulit di beberapa bagian tubuh dan wajah.

Secara umum, tidak diperlukan tes kesehatan tertentu sebelum melakukan suntik filler bibir dengan gel AH. Hal yang terpenting ialah Anda memenuhi semua syarat yang telah disebutkan di atas. Jika Anda dianggap memenuhi syarat dan sudah siap untuk melakukan tindakan, maka prosedur injeksi pun akan segera dilakukan.

Prosedur medis apa pun perlu dilakukan oleh dokter yang tepat, termasuk filler bibir. Jangan sembarangan melakukan lip filler di salon atau klinik kecantikan yang belum jelas sertifikasinya. Pasalnya, tak sedikit kasus lip filler yang gagal karena tidak dilakukan oleh ahlinya. Anda harus menjadi konsumen cerdas dalam menentukan tempat perawatan yang tepat. Pilih dokter atau klinik yang berkualitas yang sudah jelas tersertifikasi.

Pada dasarnya, kisaran biaya sangat bergantung pada merek filler, takaran filler, dan kualitas serta kemampuan dokter terkait. Di Indonesia sendiri kisaran harga filler bibir berada di angka 4-10 juta rupiah.