Kunci untuk Belajar dari Kegagalan

1. Jangan mencemaskannya

Untuk belajar dari kesalahan Anda, Anda harus mendekati kesalahan tersebebut. Mengalahkan diri sendiri hanya akan membuat kesalahan tampak jauh lebih besar daripada sebenarnya. Seringkali, kita bisa meledakkan sesuatu dari proporsi sampai kesalahan kecil yang kita buat adalah gunung besar sehingga kita tidak bisa melupakannya. Beri diri Anda sedikit lebih banyak rahmat! Bagaimanapun, Anda hanyalah manusia. Setiap orang mengalami kegagalan dalam satu atau lain cara. Kita memberi kesempatan kedua kepada banyak orang, namun kita gagal mengurangi kelemahan kita.

2. Merubah Sudut Pandang Anda
Lihatlah situasi dari mata seseorang yang Anda percaya. Beritahu seseorang tentang kesalahan yang tidak akan merobohkan Anda, tapi siapa yang akan memberi Anda sudut pandang yang lain. Kegagalan cenderung mengubah emosi kita begitu banyak, sehingga kita bahkan tidak bisa berpikir jernih, apalagi menghadapi kekurangan kita. Minta nasihat orang yang Anda tepercaya tentang apa yang bisa dilakukan untuk mencegah masalah dan apa yang perlu terjadi di masa depan. Jika Anda memiliki lebih dari satu orang, Anda dapat mempercayai saran suara, bahkan lebih baik lagi. Bagaimanapun, variasi adalah bumbu kehidupan. Beberapa sumber kebijaksanaan bagus untuk dimiliki pada saat gagal karena semakin banyak saran yang Anda miliki, semakin besar kemungkinan Anda menemukan sesuatu yang sesuai untuk Anda.

3. Pikirkan Keadaan Sekitar Kesalahannya

Apakah Anda stres atau marah? Apakah Anda memiliki pola pikir yang berbeda atau lingkungan yang baru? Bagaimana perasaan Anda secara fisik hari itu? Apakah Anda terganggu? Semua hal itu bisa memainkan peran dalam kegagalan Anda. Catat berbagai detail seputar kesalahannya. Sesuatu yang sederhana seperti satu gangguan kecil bisa menyebabkan Anda benar-benar kehilangan kendali atas suatu situasi. Banyak kesalahan dibuat karena sedikit perubahan yang sepertinya tidak signifikan. Setelah Anda dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang berkontribusi terhadap kegagalan Anda, Anda dapat mencegah agar skenario yang sama tidak terjadi lagi.

4. Mengambil tindakan

Sekarang setelah Anda tenang, pikirkan situasi dan dapatkan saran Anda, buat rencana. Duduklah dan datang dengan sebuah rencana sehingga Anda tidak perlu belajar pelajaran yang sama dua kali. Bahkan jika kegagalan Anda adalah situasi yang sangat langka, pikirkan cara mencegahnya terjadi lagi. Jika Anda mengalami kegagalan keuangan, buatlah anggaran atau bertemu dengan penasihat keuangan. Jika Anda gagal dalam menjalin hubungan, ambillah istirahat dan evaluasi ulang diri dan kebutuhan Anda. Ada begitu banyak sumber daya dalam hal mewujudkan hidup Anda sebaik mungkin.

source :
http://thesouljah.com/the-4-keys-to-learning-from-failure

Sejatinya setiap orang pasti akan mencobakan kegagalan. Tidak ada seorangpun yang sukses dengan cara yang mudah begitu saja. Semuanya butuh proses dan berkembang. Oleh karena itu, ketika kita gagal, maka cobalah kita untuk memperbaiki diri kita agar bisa menjadi yang lebih baik.