Kriteria toilet yang sehat!

cebok_20170708_134241
Toilet merupakan salah satu kebutuhan manusia yang harus dipenuhi. Tetapi, pada kenyataannya masih banyak penduduk Indonesia yang belum memiliki fasilitas sanitasi yang memadai. Hampir 40 persen penduduk Indonesia belum mendapatkan fasilitas sanitasi, termasuk toilet yang memadai.

Toilet di Indonesia merupakan toilet terburuk nomor 2 di dunia. Apa saja kriteria toilet yang memenuhi kriteria kesehatan menurut kalian?

Berikut ini beberapa kriteria toilet yang memenuhi syarat kesehatan.

  1. Air bersih
    Salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi dalam toilet adalah air bersih dengan jumlah yang cukup. Apalagi budaya Indonesia yang masih sangat mengandalkan air untuk membersihkan diri.

  2. Kloset yang bersih
    Kloset yang bersih dan tidak berbau juga menjadi syarat sehat toilet. Idealnya kloset dibersihkan secara teratur setelah tiga kali pakai. Dengan begitu maka kloset akan selalu terjaga kebersihan dan kehigienisannya.

  3. Ventilasi dan pencahayaan yang cukup
    Ventilasi dan pencahayaan yang cukup akan membuat toilet tidak lembap, karena toilet yang lembap akan menjadi sarang kuman. Kuman akan terus berkembang biak di tempat yang lembap. Hal tersebut tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan Anda.

  4. Tetap kering
    Selalu usahakan dinding dan lantai toilet tetap kering. Selain mencegah kuman berkembang biak, lantai yang kering juga menjamin keselamatan pengguna toilet.

  5. Tempat cuci tangan yang memadai
    Saat ini masih banyak toilet yang belum memiliki tempat cuci tangan yang memadai. Padahal kita harus mencuci tangan sebelum dan sesudah ke toilet karena tangan merupakan media pengantar kuman yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit bila tidak dijaga kebersihannya.

http://1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-kriteria-toilet-yang-memenuhi-syarat-kesehatan.html