Kriteria apa saja untuk MVP dikatakan baik sebelum meluncurkannya?

Di dunia e-commerce, pengusaha dan pemimpin bisnis dapat mengembangkan MVP yang layak atau baik kemudian menguji apa yang mereka tawarkan tersebut. Kriteria seperti apakah MVP itu dikatakan baik sehingga pantas diluncurkan?

Clearly define your target.
Dalam konteks ini, jika produk Anda terlalu generik, Anda berisiko menghasilkan sesuatu yang tidak diketahui atau dipedulikan oleh siapa pun. Terlalu sering, perusahaan startup memikirkan tentang pasar yang luas dan bukan yang ditargetkan. Ciptakan sesuatu yang luar biasa untuk sekelompok pembeli yang antusias dengan produk anda, dan anda akan berada di jalur yang tepat untuk membangun produk yang besar.

Design for scale
Target harus dapat mencapai massa kritis. Terlalu fokus atau spesifik sangat membatasi peluang untuk sukses.Anda harus menciptakan layanan yang konsisten yang cenderung sesuai dengan kebutuhan pasar.

Disrupt and differentiate.
Mengapa pelanggan harus menggunakan produk Anda? Apa yang membuatnya unik? Jika Anda tidak memiliki jawaban yang menarik untuk pertanyaan ini, maka harus mulai dari awal lagi. Peluang anda untuk gagal akan semakin tinggi jika target pasar anda ditarik oleh produk yang unik dari competitor anda.
Misalnya YogaClub.com sebuah perusahaan penyedia peralatan yoga, mereka memberikan layanan berupa delivery ke tempat pembeli berada atau rumah pembeli, mereka menghilangkan kerumitan dalam berbelanja peralatan yoga dengan layanan yang ditawarkan.
Jadi lakukan hal yang sama, temukan celah yang tidak diisi oleh competitor.

Compete on price . . . but deliver profits.
Pertama, harga produk harus menarik bagi pelanggan. Anda dapat memiliki produk terbesar di dunia, tetapi jika publik menganggapnya terlalu mahal, anda tidak dapat menjualnya.

Solve a problem.
Dalam survei CB Insights tentang 20 alasan paling umum untuk kegagalan startup, respons teratas 42% adalah kurangnya kebutuhan pasar. Jika produk tidak fokus pada masalah, pelanggan tidak akan membeli produk anda untuk mengatasi masalah mereka.

Referensi