Kreatif waktu deadline tiba, gimana caranya?

kreatif

Ide terbaik bisa datang kapan saja, ketika merenung, saat mandi dibawah guyuran shower yang menenangkan, atau bahkan di tengah malam. Para ahli berbicara tentang manfaat penundaan produktif, yang merupakan cara yang bagus untuk mengatakan bahwa ketika Anda mengerjakan sebuah proyek besar, pikiran Anda memerlukan waktu untuk mengembara. Proyek mau tidak mau memerlukan pemikiran terbaik Anda dengan cepat, apakah Anda sedang membangun strategi penjualan baru, memperbarui situs web Anda atau memecahkan masalah pelanggan. Bila jawaban atas masalah ini sepertinya tidak jelas, hal itu bisa menyebabkan stres tambahan. Jadi, bagaimana Anda melakukan pemikiran kreatif terbaik saat Anda berada di bawah tekanan untuk memecahkan masalah?

Teresa Amabile, seorang peneliti kreativitas di Harvard Business School, dan peneliti lainnya mengumpulkan lebih dari 9.000 entri workday journalist, mengolah datanya dan mampu mengisolasi dua faktor yang meningkatkan kreativitas pada tenggat waktu:

  • Konsentrasipenuh tanpa ada gangguan sedikitpun
  • Mengetahui mengapa masalah ini penting untuk dipecahkan.

Mari kita membongkar ini sedikit lebih. Pertama, jika Anda perlu memecahkan masalah pada tenggat waktu, mulailah dengan menghalangi gangguan. Penelitian Amabile menunjukkan bahwa semua hari kreatif menampilkan kondisi kerja yang sama: kemampuan untuk berkonsentrasi tanpa gangguan. Tanpa fokus yang terlindungi ini selama masa-masa sulit ditekan, orang merasa seolah-olah berada di treadmill: bergerak cepat, tapi tidak sampai ke mana-mana.

Kondisi kedua adalah memiliki rasa kuat mengapa masalahnya penting. Ketika orang mengerti mengapa memecahkan masalah atau memikirkan sebuah gagasan baru sangat penting, mereka merasa seperti berada dalam sebuah misi dan oleh karena itu didorong untuk menyelesaikan masalah.

Bagaimana pendapat Anda?

Referensi

https://www.success.com/blog/how-to-inspire-creativity-on-a-deadline

Apakah anda ingat kapan terakhir kali anda merasa kepepet ? Betapa banyaknya adrenaline, emosi dan kengerian seandainya deadline anda, tidak bisa anda selesaikan tepat waktu. Ya, betapa momen kepepet itu sangatlah “mengerikan” namun sangat powerful untuk membuat seseorang mengeluarkan kemampuan terbaiknya.Memiliki deadline akan memacu anda untuk mengeluarkan ide-ide kreatif anda secara intens. Karena berpikir kreatif itu bisa dilatih, maka anda akan lebih memiliki banyak ide ketika anda sudah terbiasa membebaskan pikiran anda.