Bagaimana caranya agar tetap kreatif waktu deadline tiba?

kreatif

Banyak orang yang mengatakan bahwa ketika kondisi kepepet (dekat deadline),maka kreativitas kita akan hilang. tetapi ketika kondisi itu terjadi, bagaimana caranya agar kita tetap kreatif?

Apakah anda ingat kapan terakhir kali anda merasa kepepet ? Betapa banyaknya adrenaline, emosi dan kengerian seandainya deadline anda, tidak bisa anda selesaikan tepat waktu. Ya, betapa momen kepepet itu sangatlah “mengerikan” namun sangat powerful untuk membuat seseorang mengeluarkan kemampuan terbaiknya.Memiliki deadline akan memacu anda untuk mengeluarkan ide-ide kreatif anda secara intens. Karena berpikir kreatif itu bisa dilatih, maka anda akan lebih memiliki banyak ide ketika anda sudah terbiasa membebaskan pikiran anda.

Teresa Amabile, seorang peneliti kreativitas di Harvard Business School, dan peneliti lainnya mengumpulkan lebih dari 9.000 entri workday journalist, mengolah datanya dan mampu mengisolasi dua faktor yang meningkatkan kreativitas pada tenggat waktu:

  • Konsentrasi penuh tanpa ada gangguan sedikitpun
  • Mengetahui mengapa masalah ini penting untuk dipecahkan.

Jika Anda perlu memecahkan masalah pada tenggat waktu, mulailah dengan menghalangi adanya gangguan. Penelitian Amabile menunjukkan bahwa kreatiivitas akan muncul ketika kita memiliki kemampuan untuk berkonsentrasi tanpa gangguan.

Kondisi kedua adalah memiliki rasa yang kuat mengapa masalah yang sedang dihadapi adalah hal yang penting. Ketika orang mengerti mengapa memecahkan masalah atau memikirkan sebuah gagasan baru sangat penting, mereka merasa seperti berada dalam sebuah misi dan oleh karena itu didorong untuk menyelesaikan masalah.

Referensi

How to Inspire Creativity on a Deadline | SUCCESS