Kota mati tak berpenghuni di Kolmanskop Namibia

image

Kota di dunia tentunya memiliki dinamika dan keriuhannya masing-masing, dimana pada umumnya sebuah kota itu memang dihuni oleh beragam macam masyarakat yang berbeda-beda. Kota biasanya juga tidak sepi, karena di sana selalu diisi dengan beragam macam kegiatan dan kesibukan para penduduknya. Namun ternyata ada kota yang sepi dan tak berpenghuni. Salah satunya yaitu kota Kolmanskop Namibia. Kota ini berada di wilayah selatan Namibia. Kota Kolmanskop ini hanya sekitar beberapa kilometer dari arah pelabuhan Luderitz. Lalu mengapa kota ini menjadi sepi tak berpenghuni?

Konon pada tahun 1950, dikisahkan bahwa aktifitas perekonomian pada kota ini menjadi turun drastis, biaya hidup menjadi sangat mahal dan kebutuhan sehari-hari menjadi sulit didapat, itu disebabkan adanya perang krisis pada era itu yang mengakibatkan satu demi satu penduduk dari kota ini memutuskan untuk berpindah termpat, alias pergi dari kota itu selamanya. Selain itu, penduduk sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya karena pasar penjualan batu berlian di kota ini menurun yang mengakibatkan bencana kelaparan di kota ini.

Di tempat ini juga terdapat larangan dimana orang-orang dilarang untuk datang ke kota ini terlebih di malam hari karena konon katanya kota ini banyak dihuni oleh arwah-arwah jahat yang dulunya mati kelaparan.

baca artikel