Kostum seperti apa yang digunakan untuk menari Tari Pasambahan?

Setiap dalam menari, sudah pasti memakai pakaian atau kostum yang sesuai dengan tarian tersebut. Lalu, kostum apa yang digunakan dalam menarikan Tari Pasambahan?

Kostum yang digunakan biasanya dengan busana adat khas minangkabau dari sumatera barat. Untuk penari wanita biasanya menggunakan busana adat seperti tengkuluak (hiasan kepala), baju batabue (busana atas), lambak (busana bawah), salampang, dan beberapa perhiasan seperti dukuah (kalung), galang (gelang), dan cincin. Sedangkan untuk penari pria biasanya menggunakan busana seperti destar (tutup kepala), baju, sarawa (celana), sasampiang, cawek (ikat pinggang), dan sandang.

Secara umum, di luar fungsi utama busana sebagai penutup tubuh, yang dapat dipakai untuk melindungi tubuh dari pengaruh luar. Selain fungsi utama tersebut busana dapat dipakai sebagai fungsi estetik atau keindahan, juga untuk menutup kekurangan tubuh si pemakai, misalnya orang yang gemuk akan terlihat lebih tinggi dan langsing apabila menggunakan busana dengan warna yang gelap atau motif garis vertikal. Perancangan busana di dalam tari harus mempertimbangkan kegunaan, pijakan gerak, pijakan musik iringan, yang kemudian memikirkan jenis bahan yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan dengan sifat bahannya.

Disain busana Tari Persembahan dihasilkan dengan pertimbangan pengembangan unsur-unsur tradisional yang dipadukan dengan unsur moderen. Pengembangan unsur tradisional tampak pada motif baju garisgaris vertikal yang berpijak pada motif kain lurik. Kamisol merupakan baju dalam yang berfungsi sebagai pelapis. Dalam hal ini kamisol sengaja ditampilkan trasparan dalam balutan baju luar yang berbentuk kebaya janggan berwarna hijau. Pemilihan warna antara baju dengan kamisol sengaja dibuat kontras untuk memberi efek warna teatrikal yang tajam. Baju dijahit menyerupai model kebaya janggan yaitu dengan kerah syanghai berlengan pendek.dihiasi plisir emas di bagian depan. Disain bagian bawah menggunakan kain panjang dengan model separo dodot. Bagian pinggang menggunakan sampur dan sengkelat.

image