Kostum apa yang digunakan dalam Tari Maengket khas Sulawesi Utara?


(Shannuel Shalom) #1

image
Tari Maengket merupakan tarian yang memiliki makna ucapan syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang sudah diberikan. Bagaimana kostum yang digunakan dalam Tari Maengket khas Sulawesi Utara?


(Jesy TM) #2

Kostum yang digunakan oleh para penari dalam pertunjukan Tari Maengket biasanya menggunakan pakaian adat. Para penari wanita biasanya menggunakan busana seperti kebaya dan kain panjang khas Sulawesi Utara. Pada bagian rambut biasanya digelung atau dikonde dan diberi bunga atau hiasan. Sedangkan untuk penari pria biasanya menggunakan baju lengan panjang, celana panjang, dan penutup kepala khas Sulawesi Utara.

Untuk pemimpin tari Maengket biasanya menggunakan busana yang hampir sama dengan penari wanita. Namun ditambahkan beberapa kreasi seperti corak atau warna yang berbeda agar bisa membedakan. Untuk semua penari biasanya membawa sapu tangan yang akan digunakan untuk menari.

Pada pertunjukan Tari Maengket sekarang ini, kostum yang digunakan biasanya lebih bervariasi. Bahkan ada beberapa kelompok yang mengkreasikan kostum mereka dengan gaya modern, namun tidak meninggalkan kesan adat atau tradisionalnya. Hal ini tentu dilakukan sebagai pengembangan agar penampilannya terlihat menari.