Koruptor produk asli Indonesia

Beberapa pemuda mengadakan diskusi mengenai perkembangan zaman dan dampak yang diciptakan. Mereka setuju bahwa perkembangan ilmu dan teknologi melalui globalisasi membawa Indonesia ke persaingan bisnis luar negeri. Orang-orang asing bersaing menanamkan sahamnya di Indonesia. Produk-produk untuk kebutuhan sehari-hari telah dikuasai dan dimiliki oleh perusahan orang asing. Mulai dari makanan, pakaian, kendaraan, benda elektronik, rumah sakit, bahkan hingga perbankan.

Ani : “Jika semua produk yang kita gunakan setiap harinya berasal dari perusahaan milik orang asing berarti kita memperkaya orang asing dong”.

Riska: “Ya memang begitulah praktik kapitalisme di negara kita. Contohnya apa yang kalian minum merek Aqua milik perusahaan Danone Perancis, sabun LUX serta Pepsodent milik Unilever Inggris, mobil asalnya dari Jepang, Cina, India, Eropa. Berbelanja pun ke perusahaan milik asing seperti Carefour milik Perancis, Giant milik Malaysia, Alfamart pun 75% saham milik Carefour. Hingga urusan kuangan, ambil uang di BCA, Danamon, BII, Bank Niaga, juga milik asing”.

Izza : “Jika semua milik asing, lalu apa milik Indonesia?”

Wibi : “Satu yang asli milik Indonesia. Cuma koruptor negeri ini yang asli punya orang Indonesia”.

Indonesia bebas korupsi hanyalah immmaaaaginasiii~
image