TripAdvisor, Inc adalah perusahaan situs perjalanan asal amerika yang menyediakan ulasan tentang konten yang berhubungan dengan perjalanan. Kantor TripAdvisor berpusat di Needham, Massachusetts. Mereka mengklaim diri sebagai situs wisata terbesar di dunia, dengan lebih dari 60 juta anggota dan lebih dari 170 juta ulasan dan opini hotel, restoran, atraksi dan bisnis yang berhubungan dengan perjalanan. Banyak orang yang mempercayakan pencarian informasi mengenai perjalanan dengan TripAdvisor, dikarenakan banyaknya tempat yang sudah mendapat review di TripAdvisor. Tetapi ternyata dengan kesuksesan tersebut TripAdvisor tidak lepas dari berbagai kontroversi dan hal-hal negative, berikut adalah kumpulan hal-hal yang tidak anda ketahui mengenai TripAdvisor.
-
Dibuat pada tahun 2000, TripAdvisor dibangun dengan Trademark “World’s most trusted travel site”. Tapi setelah banyak terjadi tuntutan hukum yang tak terhitung jumlahnya di beberapa negara, pada tahun 2013 TripAdvisor secara diam-diam mengganti kata “Trusted” pada Trademarknya menjadi “Honest”, dan sekarang Trademark merke berganti menjadi “World’s largest travel site”
-
Seluruh Industri/Perusahaan dapat membuat manajemen reputasi, industri/perusahaan dalam bisnis travel dapat menyewa untuk membuat ulasan palsu, memperbaiki reputasi buruk yang telah dibuat, dan mensabotase review pesaing bisnis.
-
Hotel yang memilih untuk membayar lebih kepada TripAdvisor menggunakan paket “Business Listing” akan mendapatkan perlakuan istimewa, meningkatkan visibilitas dan menaikkan traffic pencarian.
-
Hotel tidak dapat meminta daftar informasi data mereka untuk dihapus dari sistem, kecuali mereka membayar untuk Business Listing Subscription dari TripAdvisor untuk menghapus informasi kontak perusahaan/industri mereka.
-
Hotel, restoran dan usaha kecil lainnya bisa kehilangan bagian penting dari bisnis mereka jika mereka menerima ulasan palsu negatif atau mendapatkan tanda merah oleh TripAdvisor untuk aktivitas yang mencurigakan, hal semacam ini hanya bisa diselesaikan dengan jalur hukum, namun akan membutuhkan banyak sumber daya dan biaya untuk melakukannya sehingga sangat merugikan perusahaan/industri kecil.
-
TripAdvisor mendorong para wisatawan untuk memesan langsung melalui sistem mereka melalui sistem pemesanan yang ada dalam TripAdvisor, tetapi TripAdvisor tidak mau bertanggung jawab dalam setiap masalah yang timbul dalam layanan yang dipesan wisatawan.