Kontroversi TripAdvisor Sebagai Website Travel Terbesar Di Dunia

TripAdvisor, Inc adalah perusahaan situs perjalanan asal amerika yang menyediakan ulasan tentang konten yang berhubungan dengan perjalanan. Kantor TripAdvisor berpusat di Needham, Massachusetts. Mereka mengklaim diri sebagai situs wisata terbesar di dunia, dengan lebih dari 60 juta anggota dan lebih dari 170 juta ulasan dan opini hotel, restoran, atraksi dan bisnis yang berhubungan dengan perjalanan. Banyak orang yang mempercayakan pencarian informasi mengenai perjalanan dengan TripAdvisor, dikarenakan banyaknya tempat yang sudah mendapat review di TripAdvisor. Tetapi ternyata dengan kesuksesan tersebut TripAdvisor tidak lepas dari berbagai kontroversi dan hal-hal negative, berikut adalah kumpulan hal-hal yang tidak anda ketahui mengenai TripAdvisor.

  • Dibuat pada tahun 2000, TripAdvisor dibangun dengan Trademark “World’s most trusted travel site”. Tapi setelah banyak terjadi tuntutan hukum yang tak terhitung jumlahnya di beberapa negara, pada tahun 2013 TripAdvisor secara diam-diam mengganti kata “Trusted” pada Trademarknya menjadi “Honest”, dan sekarang Trademark merke berganti menjadi “World’s largest travel site”

  • Seluruh Industri/Perusahaan dapat membuat manajemen reputasi, industri/perusahaan dalam bisnis travel dapat menyewa untuk membuat ulasan palsu, memperbaiki reputasi buruk yang telah dibuat, dan mensabotase review pesaing bisnis.

  • Hotel yang memilih untuk membayar lebih kepada TripAdvisor menggunakan paket “Business Listing” akan mendapatkan perlakuan istimewa, meningkatkan visibilitas dan menaikkan traffic pencarian.

  • Hotel tidak dapat meminta daftar informasi data mereka untuk dihapus dari sistem, kecuali mereka membayar untuk Business Listing Subscription dari TripAdvisor untuk menghapus informasi kontak perusahaan/industri mereka.

  • Hotel, restoran dan usaha kecil lainnya bisa kehilangan bagian penting dari bisnis mereka jika mereka menerima ulasan palsu negatif atau mendapatkan tanda merah oleh TripAdvisor untuk aktivitas yang mencurigakan, hal semacam ini hanya bisa diselesaikan dengan jalur hukum, namun akan membutuhkan banyak sumber daya dan biaya untuk melakukannya sehingga sangat merugikan perusahaan/industri kecil.

  • TripAdvisor mendorong para wisatawan untuk memesan langsung melalui sistem mereka melalui sistem pemesanan yang ada dalam TripAdvisor, tetapi TripAdvisor tidak mau bertanggung jawab dalam setiap masalah yang timbul dalam layanan yang dipesan wisatawan.

Tripadvisor memiliki batasan dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat,pada point pertama mereka merubah trademark mungkin untuk lebih menarik pelanggan sehingga mereka menyesuaikan kaliamat andalannya sesuai dengan performa dari perusahaan tersebut.untuk ulasan palsu pada setiap hotel atau penginapan itu merupakan perbuatan dari salah satu oknum yang disengaja untuk menjatuhkan tripadvisor maupun penginapan tersebut,mungkin untuk tripadvisor sendiri bisa melakukan cross-check dalam masing masing ulasan untuk menguji kebenarannya agar tidak terjadi krisis kepercayaan terhadap perusahaan ini

Permasalahan utama ketika sebuah konten diisi oleh user adalah dari sisi tingkat kepercayaan informasi itu sendiri.

Baru-baru ini “hangat” dibahas terkait “berita” hoax di sosial media, terutama facebook, dimana dengan banyaknya berita hoax tersebut dapat “mempengaruhi” hasil pemilihan presiden Amerika. Hal tersebut tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Oleh karena itu, bagaimana mengatasi berita hoax merupakan fokus utama facebook saat ini, sehingga “berita” yang beredar di facebook dapat lebih dipercaya. Beberapa algoritma baru telah diterapkan oleh facebook untuk mengatasi hal tersebut.

Kembali ke masalah TripAdvisor, mengingat cara kerja sistemnya mirip dengan facebook,dimana ulasan, berita dan lainnya sebagian besar diisi oleh user, maka permasalahan yang muncul juga akan “sama” seperti facebook, yaitu validitas dari informasi itu sendiri.

Misalnya terkait dengan ulasan, bahkan pemberian nilai rating. Pengguna yang tidak berpengalaman di bidang wisata akan mempunyai nilai yang sama dengan pengguna yang memang sudah ahli di bidang wisata.

Sebaiknya, setiap informasi yang kita dapat dari internet, selalu dilakukan double check dengan cara mencari informasi yang sejenis tetapi dari sember yang berbeda. Semakin banyak referensi yang kita dapat terkait sebuah informasi, maka akan semakin valid informasi tersebut.

Berdasarkan informasi dari tripadvisor, berikut beberapa cara yang mereka lakukan untuk mengatasi masalah kepercayaan informasi :

###Review Moderation and Fraud Detection

Review Moderation

Does TripAdvisor screen reviews?

Yes. TripAdvisor screens reviews to ensure they meet our posting guidelines.

How does TripAdvisor ensure the quality of its reviews?

We have a team of moderators that examine questionable reviews. We also use automated tools on the site that help flag questionable content for review, and our large and passionate community of millions of travelers keep an eye out on our site as well.

Why do some reviews get published quickly and some take longer?

The majority of reviews are posted within 12 hours of submission. If a review is flagged for a closer look by our moderators, it may take longer, especially during our busiest seasons. We try to base every decision we make on what our members will find helpful and relevant. TripAdvisor is a free service to travelers, and we do our best to manage speed and quality in posting reviews to the site. Reviews under investigation can take several weeks to process.

Why might a review be flagged for a closer look?

Some reviews may include content that requires further review to ensure they meet our posting guidelines. Here are two examples of content that were found to be outside of our guidelines:
Personally insulting language:
“There were bugs everywhere and the fat unhelpful, ungracious host should be ashamed to work in nyc!”
Comments about other reviews, reviewers:
“Ok, to whomever wrote those complaints, get off the acid and crack…Give me a break, if you have time to complain about 20 missing tiles you should have stayed home in your single wide trailer and been miserable there!”

If you moderate reviews, why do you have a “Report Inappropriate Content” feature on each review?

Occasionally, an inappropriate review may slip through the cracks. In these rare cases, our members can report the material to us, helping maintain the high quality content of our site.

Does TripAdvisor fact check reviews?

TripAdvisor has millions of reviews and more than one million hotels, restaurants and attractions; therefore, it would be impractical for us to fact check the details of reviews.
We post an average of 16 reviews and opinions every minute and believe that the sheer volume of reviews allows travelers to get the facts, spot trends among reviews and determine whether a property is right for them.

Does TripAdvisor only post positive reviews? Does TripAdvisor only post negative reviews?

As long as a review meets our guidelines, we’re happy to post it whether it’s positive or negative. The majority of our reviews are indeed positive, but we do not influence or change the content of reviews.

1 Like

Hotel Bermasalah dalam Perbaikan

Pada situs trip advisor saya sempat melihat beberapa ulasan ,yang mengatakan bahwa hotel tersebut buruk namun pada ratingnnya di Kategori
buruk dan sangat burut sama sekali tidak tercantum angka yang menunjukan hotel tersebut buruk,hal ini juga menjadikan kerancuan kepada orang yang akan memesan hotel tersebut,wisatawan tersebut mengatakan bahwa hotel tempat tidurnya banyak semut ,kemudian tvnya gambarnya tidak seberapa bagus,namun tidak ada angka satupun yang masuk kedalam kategori buruk.

untuk menanggapi ulasan baik itu positif dan negatif saya rase pengelolala hotel tersebut bisa mengecek dan turut memberi tanggapan yang sesuai pada kolom masalah.untuk meminimalisir berita hoax terkait hotel atau penginapan tersebut dan kerancuan