Konten Sepele Mudah Sekali Viral, SDM dan Pegiatat Digital Indonesia Kurang Bermutu?

Perkembangan digital di Indonesia sedang mencapai puncaknya. Hal ini dibuktikan dengan hasil survey bahwa penggunaa internet di Indonesia adalah terbesar ke -3 di Asia, dan ke- di dunia.

Ladang internet memang menyuguhkan berbagai macam informasi yang bermanfaat, baik lewat situs-situs ataupun konten media sosial.

Tetapi, kali ini penikmat media sosial menjadi fokus utama bahasan saya. Dikutip dari laman Kominfo.go.id:

Menurut data dari Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif. Sebanyak 33 juta pengguna aktif per harinya, 55 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan dan sekitar 28 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile per harinya.

Pengguna Twitter, berdasarkan data PT Bakrie Telecom, memiliki 19,5 juta pengguna di Indonesia dari total 500 juta pengguna global. Twitter menjadi salah satu jejaring sosial paling besar di dunia sehingga mampu meraup keuntungan mencapai USD 145 juta.

Produsen di jejaring sosial adalah orang-orang yang telah memproduksi sesuatu, baik tulisan di Blog, foto di Instagram, maupun mengupload video di Youtube.

Kebanyakan pengguna Twitter di Indonesia adalah konsumen, yaitu yang tidak memiliki Blog atau tidak pernah mengupload video di Youtube namun sering update status di Twitter dan Facebook.

Artinya penikmat media sosial di Indonesia dapat dikategorikan besar. Namun yang menjadi perhatian, mengapa justru konten-konten yang sepele yang seringkali mudah viral dan mendapatkan panggung?

Kita lihat contohnya, sepeti kasus odading mang oleh, Abang jago, Salam dari binjai, lord alul, dan sebutan2 aneh pada tokoh tertentu silih bergantian pernah memuncak trend viral di bulan-bulan tertentu di Indonesia. Belum lagi catatan penelitian bahwa netizen Indonesia termasuk tidak sopan se-Asia.

Apakah dengan realita demikian menggambarkan bahwan SDM atau pegiat digital di Indonesia atau sebut saja netizen Indonesia mempunyai kualitas yang kurang bermutu?

#online discussion

Referensi

Internet :

https://indonesiabaik.id/infografis/benarkah-netizen-indonesia-paling-tak-sopan-se-asia

Blockquote