Konsultan Studi Kelayakan / Feasibility Study

berita_ekonomi
mikro
makro

(Grapadi) #1

Studi kelayakan atau Feasibility Study merupakan suatu analisis terhadap viability (di teruskan atau tidak) suatu ide usaha tersebut. Sehingga kegiatan yang dilakukan pada studi semuanya bertujuan untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tujuan dari Studi Kelayakan atau Feasibility Study untuk mengetahui gambaran menyeluruh mengenai layak atau tidak nya suatu usaha tersebut dijalankan.

Jika seorang pengusaha akan membuka suatu usaha maka akan memerluakan pertimbangan dan persiapan yang matang untuk berinvestasi pada usaha tersebut. Sehingga seorang pengusaha memerlukan seseorang yang ahli di bidang perencanaan khususnya studi kelayakan atau Feasibility Study yang merupakan salah satu bagian penting dari sebuah perencanaan suatu usaha. Seperti berinvestasi pada usaha restoran, perumahan, apartemen, hotel, rumah sakit dan berbagai usaha lainnya bukan lah investasi yang main-main dan coba-coba memerlukan persiapan dan pengkajian yang lebih mendalam.

Studi Kelayakan atau Feasibility Study merupakan salah satu cara untuk meminimalisir kerugian yang akan terjadi jika seorang pengusaha berinvestasi.