Kondisi Rongga Mulut seperti apa yang bermasalah ?

kesehatan_mulut

(Hana Attaumi) #1

Keluhan yang Anda rasakan di rongga mulut bisa jadi merupakan gejala adanya masalah pada bagian tubuh lain.


(Ayana Nataniya) #2

Rongga mulut dapat diibaratkan sebagai jendela tubuh, karena merupakan gambaran klinis dari keadaan tubuh sesungguhnya. Apakah itu merupakan kondisi berbahaya atau tanda adanya penyakit keganasan (kanker). Keadaan rongga mulut yang tidak baik pada dasarnya merupakan gambaran dari penyakit sistemik umum. Sayangnya, pengetahuan tentang keadaan bagian tubuh yang ini sering kali diabaikan. Rongga mulut seakan-akan hanya dianggap sebatas bagian tubuh yang dilengkapi gigi untuk mengunyah.

Kondisi lingkungan rongga mulut sangat kompleks. Bagian ini terdiri dari jaringan keras – seperti gigi – serta jaringan lunak yang berada di dalamnya. Lidah, kulit pipi bagian dalam, gusi, bahkan bibir adalah berbagai organ yang dapat mencerminkan kondisi tertentu apabila muncul penyakit-penyakit sistemik tertentu.

Berikut ini adalah sejumlah gangguan kesehatan atau penyakit sistemik yang berkaitan dengan keadaan rongga mulut:

  • Anemia
    Gejala yang bisa dilihat dari rongga mulut bisa berupa hilangnya papilla (permukaan yang kasar karena adanya tonjolan) lidah, lidah merah dan lunak, kadang terlihat ada jalur-jalur pada lidah disertai kemerahan. Dapat pula terjadi cheilitis, yaitu luka pada sudut bibir yang tak kunjung sembuh

  • Leukimia
    Biasanya terjadi hipertrofi gingiva, yaitu keadaan gusi yang membesar dan seperti meradang, dan mukosistis mukosa, yaitu penipisan pada kulit di dalam rongga mulut sehingga terkadang menimbulkan luka

  • Multiple myeloma
    Jenis kanker yang menyerang sel plasma ini dapat menyebabkan pembengkakan rahang, nyeri, kebas, gigi goyah, dan fraktur patologis (yaitu fraktur yang terjadi pada tulang karena adanya kelainan atau penyakit yang menyebabkan kelemahan pada tulang)

  • Sindrom Sjögren
    Penyakit ini dapat menyebabkan xerostomia (penyakit mulut kering) yang persisten, yaitu keadaan kelenjar air liur yang tidak berfungsi secara normal dan sekresi air liur sangat sedikit, sehingga mulut menjadi sangat kering.

  • Scleroderma (sklerosis sistemik progresif)
    Bisa terlihat dari bibir pasien sclerodema tampak berkerut karena konstriksi mulut, sehingga menyebabkan kesulitan dalam membuka mulut. Fungsi rahang juga terganggu.

  • Lupus eritematosus sistemik
    Penyakit ini dapat menimbulkan lesi atau luka yang meluas di dalam rongga mulut. Bagian tengah daerah ini akan menjadi merah dan menjadi ulcer (luka yang berkawah dalam), sedangkan bagian tepi meninggi dan terjadi hiperkeratotik (kulit yang mengeras).

  • Artritis rematoid
    Sendi rahang sering terkait dalam kondisi artritis rematoid. Hal ini sering dicirikan dengan terjadinya erosi pada kondilus, yaitu tonjolan bulat pada tulang dan diliputi tulang rawan yang membentuk persendian dengan tulang lain. Keadaan ini mengakibatkan berkurangnya gerakan mandibula (rahang bawah) serta nyeri ketika digerakkan

https://brainly.co.id/tugas/10732844