Koleksi apa saja yang ada di Museum Fitzwilliam ?

Salah satu museum yang wajib di kunjungi ketika berada di Inggris adalah Fitzwilliam Museum. Museum ini terletak di Trumptington Street, Cambridge. Koleksi apa saja yang ada di Museum tersebut?

Fitzwilliam Museum ini didirikan sejak tahun 1816 oleh seorang bangsawan Fitzwilliam ke-7 yang mewariskan sebagian besar benda-benda miliknya berupa karya seni, musik dan buku kepada Universitas Cambridge. Kemudian, museum ini baru diperkenalkan pada publik di tahun 1848.

Kini museum yang berada di Universitas Cambridge ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Bagi yang suka membaca buku, koleksi buku yang ada di museum ini lengkap banget. Ini karena sang bangsawan Fitzwilliam tak ingin hanya sekedar membuat museum yang hanya memajang berbagai karya seni dan benda sejarah saja tetapi juga beliau ingin museum tersebut memiliki sebuah perpustakaan yang bisa dinikmati semua orang.

Koleksi-koleksi yang terdapat di Fitzwilliam Museum ini antara lain: barang seni oriental, manuskrip iluminati, karya seni pengaplikasian, berbagai porselen, karya seni terapan, dan koin dari abad pertengahan. Selain barang-barang antik dari Cambridge dan sekitarnya, di dalam museum ini juga terdapat artefak-artefak dari berbagai negara seperti artefak dari Mesir Kuno, Yunani, Roma, Cyprus dan berbagai daerah di bagian timur tengah.

Sumber: