Kjeld Kirk Kristiansen : Pemilik LEGO Group dan Orang Terkaya di Denmark

Sumber : http://www.billedbladet.dk/kendte/danmark/business/kjeld-kirk-kristiansen-ejer-heste-100-mio

Biografi, Kjeld Kirk Kristiansen

Pekerjaan

Businessman, pemilik Lego Group dan Wakil Ketua Dewan.

Tempat tanggal Lahir

Billund, Denmark, 27 December 1947

Kewarganegaraan

Denmark

Pendidikan

MBA from IMD, Lausanne, Switzerland BA in Bussiness, Aarhus Bussiness School

Total Kekayaan

US$12.3 Billion Dollar – 164,9 Trilliun Rupiah (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 65 Billionaires (2016)
  • 1 in Denmark (2016)

Riwayat Hidup

Kjeld Kirk Kristiansen lahir pada tanggal 27 Desember 1947 di Billund, Denmark. Ia adalah anak ke-2 dari 3 bersaudara dan anak laki-laki satu-satunya dari pasangan suami-istri Godtfred dan Edith Kirk Christiansen. Ayahnya, Godtfred Kirk Christiansen bekerja dengan kakeknya, Ole Kirk Christiansen di bisnis keluarga LEGO.

LEGO pada awalnya merupakan perusahaan yang membuat perkakas kayu untuk keperluan sehari-hari seperti tangga, papan setrika dan alat-alat lainnya. Namun terjadi krisis ekonomi global yang berdampak kepada perusahaan, sehingga ia harus beralih produksi yaitu memproduksi mainan.

Perusahaan LEGO pernah mengalami kebakaran yaitu pada tahun 1924 dan 1942. Belajar dari pengalaman tersebut, pada tahun 1947 LEGO membeli mesin cetak injeksi plastic dan mulai mencoba untuk memproduksi mainan menggunakan bahan plastik.

Kjeld merupakan cucu dari pendiri LEGO. Saat masih anak-anak, Kjeld menjadi sumber inspirasi dan melakukan uji coba terhadap konsep model di perusahaan.

Pada tahun 1971, ia lulus dan mendapat gelar Administrasi dari Anhus School of Bussiness, dan mendapat gelar MBA dari IMB Lausanne, Switzerland di tahun berikutnya.

Pada tahun 1974, Kjeld menikah dengan Camilla dan tinggal di Denmark hingga sekarang. Bersama dengan Camilla, Kjeld memiliki 3 anak bernama Sofie, Thomas, dan Agnetes serta memiliki 2 cucu.

Riwayat Karir

Kjeld mulai memimpin perusahaan LEGO pada tahun 1979. Di tahun yang sama, LEGO memperluas produksi terhadap set mainan, termasuk Fabuland yang merupakan salah satu tema LEGO dan telah diproduksi sebanyak 102 set. Kjeld menginstruksi desainernya untuk membuat set mainan LEGO dengan berbagai macam tema yang berbeda.

Namun sejak game komputer mulai populer, permintaan untuk mainan turun secara signifikan dan Kjeld terpaksa harus meninjau kembali strategi perusahaannya.

Dengan pertimbangan hal tersebut, ia meluncurkan desain software digital, dan berbagai macam permainan interaktif, termasuk The Star Wars untuk Wii, dan Mars Mission untuk PC.

Pada tahun 2010, Ia juga meluncurkan Lego Universe, yaitu permainan PC yang berbasis online. Dengan adanya inovasi-inovasi tersebut, perusahaannya mengalami perubahan yang dramatis, dan ia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Setelah itu, ia juga mengeluarkan berbagai macam mini figur, tema, lego mindstorms, Lego.com, dan aset berlisensi untuk perusahaan.

Setelah melakukan berbagai inovasi pada perusahaan, pada tahun 2004 Kjeld mengundurkan diri sebagai presiden dan CEO untuk lebih focus sebagai perannya sebagai pemilik Lego Group dan Wakil Ketua Dewan. Peran CEO telah dipegang oleh Jørgen Vig Knudstorp hingga sekarang.

Saat ini, Kjeld masih terus mengembangkan inovasi dan penemuan-penemuan baru dari waktu ke waktu, karena permainannya kini telah menjadi favorit tidak hanya di kalangan anak kecil namun juga di kalangan dewasa.

Fakta-fakta

  1. Kata ‘Lego’ berasal dari kata berbahasa Denmark ‘leg godt’ yang berarti ‘bermain dengan baik’.

  2. LEGO pertama kali didirikan oleh Ole Kirk Christiansen, yang merupakan kakek dari Kjeld Kirk Kristiansen.

  3. LEGO pertama kali dibuat dengan bahan dasar kayu.

  4. Kjeld sering muncul dalam banyak package perusahaan dan material marketing LEGO.

  5. Kjeld menikah dengan Camilla pada tahun 1974 dan memiliki anak bernama Sofie, lahir tahun 1975; Thomas, lahir tahun 1977 dan Agnetes, lahir tahun 1982.

  6. Pada masa kepemimpinannya, LEGO pertama kali merilis film bioskop berjudul Bionicle: Mask of Light.

  7. Kjeld memiliki peternakan kuda di Denmark dan Skotlandia.

  8. Kjeld memiliki hobi mengoleksi mobil sport. Diketahui bahwa saat ini ia memiliki mobil Ferrari, Porsche dan Volkswagen.

  9. Mesin produksi LEGO merupakan mesin yang sangat akurat. Hanya 18 dari 1 juta buah balok LEGO yang mengalami gagal produksi.

  10. Pada bulan October 2004, Kjeld menyerahkan jabatannya sebagai CEO ke Jørgen Vig Knudstorp.

  11. Jørgen Vig Knudstorp adalah CEO LEGO pertama yang tidak berasal dari keluarga Christiansen.

  12. Kjeld merupakan orang terkaya pertama di Denmark dan ke-65 di dunia.

  13. LEGO masuk ke dalam daftar Forbes ‘The 10 Most Powerful Brands In 2016’ dan menempati posisi kedua.

  14. Pada masa liburan, diperkirakan 28 set LEGO habis terjual setiap detiknya.

  15. Perusahaan LEGO pernah membuat rekor dunia yaitu dengan membuat menara dari 5,5 juta LEGO dengan tinggi 35.05 meter.

  16. Tidak ada set LEGO yang bertema militer atau perang, karena Ole Kirk Christiansen ingin anak-anak bermain dengan baik dan tidak ada perkelahian.

Quotes

Imagination has always been an important part about values. Imagination and creativity. Kjeld

When children surf the internet they can communicate globally, search for information, and learn as they travel in the cyberspace. But when children play games, they build their own creation in their physical world, their activity challenged both the laws of nature and their own intellectual and physical, limitless. Kjeld

LEGO is not a toy. LEGO is a learning tool, awaited gift kids essence about possible and about passion for being creative. Kjeld

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=WY-28QCWtV8
https://successstory.com/people/kjeld-kirk-kristiansen
http://www.brickwiki.info/wiki/Kjeld_Kirk_Kristiansen
https://en.wikipedia.org/wiki/Kjeld_Kirk_Kristiansen
http://www.forbes.com/profile/kjeld-kirk-kristiansen/
http://lego.wikia.com/wiki/Kjeld_Kirk_Kristiansen
https://en.wikipedia.org/wiki/Lego_timeline
https://en.wikipedia.org/wiki/Lego_Fabuland
http://www.forbes.com/sites/kathryndill/2016/02/18/disney-tops-global-ranking-of-the-most-powerful-brands-in-2016/

Kjeld Kirk Kristiansen dikenal sebagai CEO dan Presiden LEGO, perusahaan mainan paling sukses yang berbasis di Denmark

Pada tahun 1932, Ole Kirk Christiansen, kakek Kjeld, mendirikan LEGO sebagai perusahaan untuk memproduksi barang-barang kayu sehari-hari, seperti tangga, papan setrika dll. Namun, krisis ekonomi global mengalami penurunan yang signifikan dalam permintaan barang-barang semacam itu, dan dia harus Temukan cara lain agar bisnisnya berkembang. Jadi, dia masuk ke pembuatan mainan kayu, yang masih diminati.

Selama tahap awal, hanya 7 pekerja yang dipekerjakan di LEGO, yang kesemuanya adalah tukang kayu antusias yang suka membuat barang baru setiap saat. Kemudian pada tahun 1940-an, satu-satunya pabrik dan gudang untuk LEGO terbakar, dan mereka mengembalikannya dengan satu-satunya tujuan untuk terlibat dalam produksi mainan mulai sekarang

Perusahaan mulai menggunakan bahan plastik untuk membuat blok bangunan pada tahun 1947, dan membeli mesin berat dan mahal untuk menjalankan produksi massal. Pada tahun 1960, divisi mereka untuk pembuatan mainan kayu disambar petir, dan terbakar lagi. Sekarang, mereka memutuskan untuk tidak mengembalikannya, dan berkonsentrasi membuat mainan plastik.

Di bawah kepemimpinan Kjeld, LEGO memproduksi berbagai macam mainan, termasuk Space LEGOLAND yang terkenal yang muncul pada tahun 1979. Dari sini, dia menginstruksikan perancangnya untuk membuat rangkaian dengan tema yang berbeda. Karena popularitas permainan komputer, permintaan untuk perangkat konstruksi turun secara signifikan dan Kjeld terpaksa meninjau kembali strategi perusahaannya.

Menimbang ini, ia meluncurkan perangkat lunak desain digital, dan permainan interaktif di industri ini, termasuk Star Wars untuk Wii, dan Mars Mission for PC. Dia juga meluncurkan Lego Universe pada tahun 2010. Setelah ini, perusahaannya mengalami perubahan dramatis, dan dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kemudian, ia juga memperkenalkan banyak minifigures, tema, Lego Mindstorms, Lego.com dan aset berlisensi untuk perusahaan tersebut.

Kjeld masih dalam perjalanan untuk meluncurkan penemuan baru dan penemuan dari waktu ke waktu, karena permainannya menjadi favorit tidak hanya di kalangan anak-anak, tapi juga orang dewasa.

https://successstory.com/people/kjeld-kirk-kristiansen

Kisah Kjeld Kirk Kristiansen

[details=BiodatNama Lengkap : Kjeld Kirk Kristiansen
Lahir : 27th- Dec - 194
Tempat lahir : Billund
Tempat tinggal : Billund, Denmark
Negara : Denmark
Pendidikan : Aarhus Business School Circa, Institute for Management and Development Lausanne
Pekerjaan : Pengusaha
Industry : Bisnis
Kekayaan : US $ 21.1 Billion
[/details]

Jika Anda mempunyai atau mengenal anak-anak, nama LEGO pasti terdengar akrab ditelinga kita. Kjeld Kirk Kristiansen dikenal sebagai CEO dan Presiden LEGO, perusahaan mainan paling sukses yang berbasis di Denmark. Saat ini, pada usia 67, Kjeld memiliki kekayaan bersih sebesar US $ 21,1 miliar, namun kisah suksesnya adalah campuran pasang surut yang luar biasa, sukses dan gagal, percobaan, penemuan dan eksperimen.

Perusahaan Kirk, LEGO, mungkin adalah nama paling terkenal di industri mainan saat ini, tapi jarang Anda ketahui bahwa itu dimulai sebagai produsen produk kayu. Yang mengagetkan, mainan pertama LEGO dibuat sepenuhnya dari kayu, tapi sekarang, mereka telah memperbanyak perusahaan mainan di seluruh dunia, dan perangkat konstruksi mereka direplikasi oleh orang lain di industri ini.

Pada Awalnya

Pada tahun 1932, Ole Kirk Christiansen, kakek Kjeld, mendirikan LEGO sebagai perusahaan untuk memproduksi barang-barang kayu sehari-hari, seperti tangga, papan setrika dll. Namun, krisis ekonomi global mengalami penurunan yang signifikan dalam permintaan barang-barang semacam itu, dan dia harus Temukan cara lain agar bisnisnya berkembang. Jadi, dia masuk ke pembuatan mainan kayu, yang masih diminati.

Selama tahap awal, hanya 7 pekerja yang dipekerjakan di LEGO, yang kesemuanya adalah tukang kayu antusias yang suka membuat barang baru setiap saat. Kemudian pada tahun 1940-an, satu-satunya pabrik dan gudang untuk LEGO dibakar, dan mereka mengembalikannya dengan satu-satunya tujuan untuk terlibat dalam produksi mainan mulai sekarang.

Perusahaan mulai menggunakan plastik untuk membuat blok bangunan pada tahun 1947, dan membeli mesin berat dan mahal untuk berjalan dengan produksi massal. Pada tahun 1960, divisi mereka untuk pembuatan mainan kayu disambar petir, dan dibakar lagi. Sekarang, mereka memutuskan untuk tidak mengembalikannya, dan berkonsentrasi membuat mainan plastik.

Karier

Pada 1977, LEGO Group dipimpin oleh cucu Ole, bernama Kjeld Kirk Kristiansen. Di bawah kepemimpinan Kjeld, LEGO memproduksi berbagai macam mainan, termasuk Space LEGOLAND yang terkenal yang muncul pada tahun 1979. Dari sini, dia menginstruksikan perancangnya untuk membuat rangkaian dengan tema yang berbeda. Moment itu lalu menginspirasi tim desainer LEGO untuk membuat ribuan set mainan dengan berbagai macam tema. Tema Luar angkasa merupakan mainan tematik yang pertama dibuat dan menjadi mainan tersukses dizamannya. Karena popularitas permainan komputer, permintaan untuk perangkat konstruksi turun secara signifikan dan Kjeld terpaksa meninjau kembali strategi perusahaannya. Dia pernah berkata, Jika Anda suka membangun sesuatu saat masih kecil, ada kemungkinan Anda akan mengenali bisnis keluarga anda.

Mempertimbangkan hal tersebut, ia meluncurkan perangkat lunak desain digital, dan permainan interaktif di industri ini, termasuk Star Wars untuk Wii, dan Mars Mission for PC. Dia juga meluncurkan Lego Universe pada tahun 2010. Setelah ini, perusahaannya mengalami perubahan dramatis, dan dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kemudian, ia juga memperkenalkan banyak minifigures, tema, Lego Mindstorms, Lego.com dan aset berlisensi untuk perusahaan tersebut.

Kjeld masih dalam perjalanan untuk meluncurkan penemuan baru dan penemuan dari waktu ke waktu, karena permainannya menjadi favorit tidak hanya di kalangan anak-anak, tapi juga orang dewasa.

Kehidupan Pribadi

Setelah menemukan perusahaan bernilai miliaran dolar dengan inovasi dalam mainan, Kirk menjalani kehidupan dengan bahagia dan tenang bersama istrinya di Denmark dan memiliki 3 anak dan cucu.


“When children play games or build their own creations in the physical world, they actively challenge both the laws of nature and intellectual and physical limits.” Kjeld

“Imagination has always been an important part about values. Imagination and creativity.” Kjeld


Awards

2008

  • Toy Hall of Fame

1996

  • The Freedom Prize, Distinguished Family Business
Referensi

https://www.forbes.com/profile/kjeld-kirk-kristiansen/
https://successstory.com/people/kjeld-kirk-kristiansen
https://id.wikipedia.org/wiki/Kjeld_Kirk_Christiansen

7

Kjeld Kirk Kristiansen lahir pada 27 Desember 1947 di Bilund,Denmark. Kjeld Kirk Kristiansen dikenal sebagai CEO dan Presiden LEGO, perusahaan mainan paling sukses yang berbasis di Denmark. Ayahnya, Gordtfred Kirk Christiansen bekerja dengan kakeknya, Ole Kirk Christiansen, dalam bisnis keluarga yakni Lego. Kakeknya mendirikan LEGO sebagai perusahaan untuk memproduksi barang-barang kayu sehari-hari, seperti tangga, papan setrika dll. Namun, krisis ekonomi global mengalami penurunan yang signifikan dalampermintaan barang-barang semaacam itu, dan dia harus menemukan cara lain agar bisnisnya berkembang. Sehingga dia masuk ke pembuatan mainan kayu, dimana masih diminati. Kisah suksesnya merupakan campuran pasang surut yang luar biasa, sukses dan gagal, percobaan, penemuan dan eksperimen.

Jarang kita ketahui bahwa mainan pertama LEGO dibuat sepenuhnya dari kayu. Selama tahap awal, hanya 7 pekerja yang dipekerjakan di LEGO,yang kesumuanya adalah tukan kayu yang antusias dan suka membuat inovasi barang baru setiap saat. Pada 1940 pabrik dan gudang pernah terbakar, namun mereka membangunnya lagi supaya tujuan mereka terpenuhi sebagai produsen mainan besar.

Perusahaan mulai menggunakan plastik untukmembuat blok bangunan pada tahun 1947, dan membeli mesin berat dan mahal untuk berjalan dengan produksi massal. Pada tahun 1906, pabrik pembuatan mainan kayu mereka tersambar petir dan terbakar lagi. Keudian mereka memutuskan untuk meninggalkannya dan berkonsentrasi membuat mainan plastik.

Dibawah kepemimpinan Kjeld, LEGO memproduksi berbagai macam mainan.Karena popularitas permainan komputer, permintaan untuk mainan tersebut, turun secara signifikan dan Kjeld terpaksa berpikir dan meinjau kembali strategi perusahaannya. Kemudian Beliau meluncurkan perangkat lunak desain digital, dan permainan interaktif di industri ini, termasuk Star Wars dan Mars Mission. Beliau juga meluncurkan Lego Universe pada tahun2010. Setelah ini, perusahaannya mengalami perubahan dramatis, dan dia menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Kemudian, Beliau juga memperkenalkan banyak minifigures, tema,Lego Mindstorms, Lego.com dan aset berslisensi untuk perusahaan tersebut.

Pada tahun 2004, beliau mengundurkan diri sebagai presiden dan CEO Grup Lego dan wakil ketua dewan, namun mempertahankan perannya sebagai ketua dewan KIRKBI A/S, Lego Holdin A/S dan the Lego Foundation. Lego dimiliki secara pribadi dan dikendalikan oleh keluarga Kristiansen dan yayasan mereka.

Selama dekade terakhir, Grup LEGO telah mengalami pertumbuhan yang luar biasa dan berhasil membawa pengalaman bermain Lego kepada lebih banyak anak di seluruh dunia. Markas besar perusahaan Denmark masih berada di Billund, tempat bisnis ini didirikan lebih dari 80 tahun yang lalu. Sekarang telah menjual produknya di 140 negara. Kjeld masih dalam perjalanan untuk meluncurkan penemuan baru dari waktu ke waktu, karena permainannya menjadi favorit tidak hanya di kalangan anak-anak, tapi juga orang dewasa. Kjeld kini menjalani kehidupan yang bahagia dan tenang bersama istrinya di Denmark dan memiliki 3 anak dan cucu.

https://successstory.com/people/kjeld-kirk-kristiansen