Ketika saya masih di sekolah dasar, saya bertengkar hebat dengan seorang anak lelaki di kelas saya. Saya telah melupakan argumen itu, tetapi saya tidak pernah melupakan pelajaran yang saya pelajari hari itu.
Saya yakin bahwa “saya” benar dan “dia” salah - dan dia sama yakinnya bahwa “saya” salah dan “dia” benar. Guru memutuskan untuk memberi kami pelajaran yang sangat penting.
Dia membawa kami ke depan kelas dan menempatkan dia di satu sisi mejanya dan saya di sisi lain. Di tengah mejanya ada benda besar bulat. Saya bisa melihat dengan jelas bahwa itu hitam. Dia bertanya pada anak itu apa warna benda itu. “Putih,” jawabnya.
Saya tidak percaya dia mengatakan objek itu putih, padahal jelas hitam! Argumen lain dimulai antara teman sekelas saya dan saya, kali ini tentang warna objek.
Guru menyuruh saya untuk berdiri di tempat anak itu berdiri dan menyuruh dia untuk berdiri di tempat saya berada. Kami berganti tempat, dan sekarang dia bertanya padaku apa warna benda itu. Saya harus menjawab, “Putih.”
Benda itu adalah benda dengan dua sisi berwarna berbeda, dan dari sudut pandangnya itu berwarna putih. Hanya dari sisi saya itu hitam.
Terkadang kita perlu melihat masalah dari pandangan orang lain untuk benar-benar memahami perspektifnya.
Bagaimana pendapat Anda tentang kisah ini?
Sumber: