Bagaimana kisah Oda Nobunaga dalam mempersatukan Jepang?

Oda Nobunaga

Oda Nobunaga (1534-1582). Dalam sejarah Jepang, Oda Nobunaga merupakan salah satu tokoh yang cukup terkenal. Jepang pada zaman Zengoku (perang saudara), Nobunaga dikenal karena kebijakan yang dianggap kontroversial seperti penolakan kekuasaan oleh klan yang sudah mapan, dan pengangkatan pengikut dari keluarga yang asal usul keturunannya tidak jelas. Nobunaga berhasil memenangkan banyak pertempuran di zaman Sengoku berkat penggunaan senjata api model baru. Selain itu, ia ditakuti akibat tindakannya yang sering dinilai kejam, seperti perintah membakar semua penentang yang terkepung di kuil Enryakuji, sehingga Nobunaga mendapat julukan raja iblis. Itu dalah sekilas mengenai profil Oda Nobunaga yang merupakan salah satu tokoh pemersatu Jepang selain Toyotomi Hideyasu (1536-1598) dan Tokugawa Ieyasu (1543-1616).

Bagi kita orang Indonesia, mungkin sejarah Jepang tidak akan masuk kedalam pengetahuan umum. Akan tetapi menurut kabar, bahwa sejarah Jepang pada zaman Zengoku merupakan salah satu pelajaran sejarah yang penting untuk setiap pelajar di Jepang. Saya sendiri baru mengetahui alur sejarah pada Zaman Azuchi-Momoyama, berkat dorama Nobunaga Concerto (2014). Oke, cukup membahas bagaimana alurnya karena kalau kita mengetahui seluruh sejarah Jepang pada zaman tersebut maka posting ini akan menjadi paanjaaaaaangg sekaliiiii.

image

Berawal dari kisah seorang siswa SMA bernama Saburo, yang sedang mengikuti study tour yang kemudian secara tidak sengaja terlempar di ruang waktu (time leap) kembali zaman Zengoku (sekitar 1549) dimana ia bertemu dengan orang yang mirip dengan dirinya yaitu Oda Nobunaga. Disaat itu Nobunaga yang sedang dalam pelarian dari para pengikutnya menginginkan Saburo menggantikannya sebagai Oda Nobunaga. Sejak saat itu Saburo menjalani hidupnya di zaman Zengoku sebagai Oda Nobunaga. Tidak ada yang mencurigai bahwa Oda Nobunaga adalah orang yang berbeda, orang yang berasal dari masa depan. Para pengikut Oda Nobunaga pun mempercayai Saburo sebagai Oda Nobunaga yang asli.

Kisah Oda Nobunaga yang di jalani oleh Saburo ternyata sama dengan apa yang tertulis di dalam catatan sejarah. Saburo yang saat terlempar ke zaman Zengoku sebenarnya membawa sebuah buku Catatan Sejarah Jepang dimana semua jalan hidup Nobunaga hingga akhir hayatnya tertulis disitu. Naah, uniknya dorama ini si Saburo sedemikian rupa tidak menyadari sama sekali dengan apa yang tertulis di buku yang ia bawa dari masa depan. Saburo bahkan beberapa kali kehilangan buku tersebut dan berpindah-pindah dari satu orang ke orang lain. Sehingga Saburo menjalani perannya sebagai Nobunaga sesuai dengan isi hatinya akan tetapi semua yang dilakukannya sesuai dengan catatan sejarah apa yang dilakukan oleh Nobunaga dan pengikutnya.

Saburo atau Nobunaga diperankan oleh Shun Oguri. Siapa yang ga kenal Shun Oguri, aktor kawakan ini beberapa kali tampil dalam film maupun dorama terkenal, salah satu yang saya tonton doramanya adalah Ouroboros.

image

Kisah zaman Zengoku memang banyak diangkat menjadi beberapa novel, film dan dorama. Salah satunya Nobunaga Concerto yang di adaptasi dari Manga yang berjudul sama. Oda Nobunaga yang terkenal dalam kisahnya sebagai pemersatu Jepang banyak di angkat ceritanya dalam berbagai versi. Dorama ini menceritakan bahwa Oda Nobunaga adalah salah satu karakter daimyo Jepang yang berasal dari masa depan yang memiliki prinsip bahwa “Perdamaian Jepang dapat tercipta tidak harus melalui jalan Perang”.

Dorama ini memiliki banyak kisah unik mengenai Nobunaga yang di isi oleh orang yang berasal dari masa depan dimana di masa depan Jepang merupakan negara yang damai, berbeda dengan zaman Zengoku dimana Saburo si tokoh utama sangat shock saat melihat begitu banyak pertumpahan darah di Jepang saat zaman itu. Dalam filmnya, Saburo juga menghadapi berbagai masalah, salah satu yang paling pelik merupakan pengkhianatan terhadap Nobunaga dari intern klan Oda. Di dalam film juga menceritakan bagaimana akhirnya Saburo bisa kembali ke masa depan dimana dia berasal.