Kisah Meng Zi : Ibuku Yang Membuatku Pintar

rsz_mengzi3

Meng Zi (dalam buku Dao De Jing - The Wisdom Of Lao Zi by Andri Wang ) adalah salah satu penerus ajaran Kong Zi. Dibalik kesuksesannya Meng Zi memiliki cerita masa kecil yang mengharukan dan patut dijadikan teladan bagi kita semua. Meng Zi kecil hidup bersama dengan ibunya yang seorang janda dengan penghasilan dari menjahit kain sutera. Mereka tinggal dekat sekolah karena menurut Ibunya lingkungan itu sangat cocok bagi perkembangan Meng Zi.

Suatu ketika Meng Zi bolos sekolah karena dia menganggap sekolah dan belajar sesuatu yg membosankan dan sulit. Ibunya marah besar dan memotong kain suteranya menjadi potongan-potongan kecil sampai tidak bisa dipotong lagi. Meng Zi ketakutan karena Ibunya tidak mau lagi dengan satu-satunya sumber penghasilan mereka. Dia menanggis dan meminta maaf kepada Ibunya.

Ibunya memberikan nasihat bahwa belajar harus pelan-pelan, tidak bisa belajar sekali langsung bisa. Harus terus diasah dan dipupuk. Belajar sedikit demi sedikit, setelah mengerti sedikit belajar lagi dan seterusnya seperti juga benang sutera sampai menjadi baju yang mahal dan bagus. Semuanya butuh proses. Sejak saat itulah Meng Zi rajin belajar dan terbukti menjadi sukses dan terkenal sampai sekarang. Orang China mensejajarkan Kong Zi dengan Meng Zi dengan sebutan Kong - Meng.

Jika Meng Zi mengatakan bahwa Ibunya lah yang membuatnya menjadi pintar. Ini sangat benar dari awal ibunya telah mengatur apa yang baik dan buruk bagi Meng Zi. Dengan menempatkan lingkungan yang baik bagi perkembangan anak kecil yaitu lingkungan sekolah tempat menempah ilmu.

Apa pesan moral dari kisah tersebut?

SUMBER :

Semua itu benar, dan ditambah dengan kesadaran dan kemauan si anak untuk mempelajari dan dididik mengetahui mana benar dan salah, karena tanpa kesadaran dari diri sendiri, pelajaran semudah apapun akan sulit dimengerti.