Kisah Labu Jack O'Lantern di Halloween

image

Jika kita datang ke perayaan hari Halloween maka selain kita dapat melihat dandanan orang-orang yang menyeramkan disana kita juga dapat menemukan labu yang dibentuk seperti gambar diatas. Labu sering disebut sebagai labu Jack O’Latern. Dibalik labu tersebut konon katanya ada sebuah legenda yang cukup mistis. Lalu bagaimanakah kisahnya? apa hubungannya labu dengan Jack O’Latern?

Kisah labu Jack O’Latern berasal dari Irlandia. Kisah legenda ini dimainkan oleh seorang petani yang licik, tangguh, dan pelit. Konon ceritanya si petani ini berhasil menipu Iblis dimana ia berhasil membuat Iblis naik ke atas pohon. Lalu petani mengukir bentuk Salib di batang pohin tadi sehingga Iblis tidak bisa turun dengan mudah. Petani ini bernama Jack O’Latern. Saat ia mati, Jack tidak diterima di Surga karena kelicikan dan tindakan buruk yang ia lakukan dan dia juga tidak diterima di neraka karena pernah menipu Iblis. Tapi akhirnya Iblis berbaik hati kepada si Jack dengan memberikan sebatang lilin untuk menemani Jack berjalan-jalan dalam kegelapan. Lilin itu ditempatkan di dalam Turnip. Turnip itu sebangsa lobak.

Orang-orang berusaha mempertahankan tradisi ini. Tapi karena di Amerika tidak banyak ditemukan Turnip, sehingga mereka akhirnya memilih sayuran lain yang ada, dan bisa menggantikan Turnip. Pilihan akhirnya jatuh ke labu (pumpkin) yang lebih banyak dan mudah ditemui di Amerika. Dari sini lah, Jack O’Lantern dari labu kemudian menjadi terkenal di seluruh dunia.

baca artikel