© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Kisah Koki dan Istana Raja Wang

images (25)

Suatu hari, Raja Wang (dari negeri Cina) berjalan masuk ke dapur. Disana dia melihat seorang koki sedang memotong sapi yang telah mati. Gerakan sang koki sangat santai dan alamiah. Begitu pisau dihujamkan terdengar bunyi sret…sret!! Daging dan tulang sapi langsung terlepas.

Raja Wang tidak henti-hentinya memuji dan mengangguk-anggukkan kepalanya.“Bagus sekali, kamu punya keahlian yang sangat tinggi” puji Raja Wang.

Koki menjawab, “ini adalah hasil pengalaman dan latihan keras selama bertahun-tahun. Pada mulanya saya melihat seekor sapi yang utuh, tidak tahu sebaiknya harus memotong darimana”.

“Sekarang, saya menggunakan hati dalam menggerakkan tangan. Saya mengikuti jalur persendian dari sapi itu, karena dalam persendian sapi ada tempat kosong. Jika pisau dimasukkan kesana, maka pisau mempunyai cukup tempat untuk bergerak dan saya akan dengan mudah memotong dagingnya. Kemudian dengan gerakan ringan, daging sapi akan langsung terpotong seperti selembar karpet yang digelar di lantai. Setelah itu pisau dibersihkan dan disimpan dengan baik”

“Saya juga berusaha agar pisau saya tidak menyentuh tempat yang susah seperti otot tulang dan daging, karena selain akan menumpulkan pisau saya, hasil potongannya juga tidak akan maksimal. Meskipun demikian, setiap kali saya menemukan tempat yang susah, saya harus tetap konsentrasi, berhati-hati dan memastikan dengan tepat, baru menusukkan pisau”.

“Koki yang baik menggunakan pisau untuk memotong daging sedangkan koki yang buruk menggunakan pisau untuk memotong tulang. Pisau saya sudah 19 tahun saya gunakan dan saya sudah memotong ribuan sapi dengan pisau ini dan pisau saya tetap masih tajam seperti baru diasah karena digunakan dengan tepat”.

“Penjelasanmu sangat bagus, saya memperoleh logika dan pelajaran dari perkataanmu” puji Raja Wang

RENUNGAN:
cerita dalam pecakapan antara seorang Koki dan Raja tersebut, menjadi inpirasi terhadap suatu makna, bahwa pengalaman dan kerja keras selama bekerja bertahun-tahun diharapkan akan membawa makna dan pengaruh yang sangat besar terhadap seseorang sampai pada titik untuk menampilkan keahlian yang tinggi dan tertinggi serta terus menjaga konsistensi yang tinggi pula dalam menghasilkan hasil kerja yang maksimal.

Apa pesan moral yang terdapat pada kisah tersebut?

SUMBER :

Potensi penuh akan muncul bertahap seiring berjalannya waktu sebagai tanggapan terhadap bermacammacam pengalaman”. Jadi sesungguhnya yang penting diperhatikan dalam hubungan tersebut adalah kemampuan seseorang untuk belajar dari pengalamannya, baik pegalaman manis maupun pahit.

Maka pada hakikatnya pengalaman adalah pemahaman terhadap sesuatu yang dihayati dan dengan penghayatan serta mengalami sesuatu tersebut diperoleh pengalaman, ketrampilan ataupun nilai yang menyatu pada potensi diri.