Kisah inspiratif "Semut dan Belalang"

Musim panas yang cerah dan hangat membuat belalang menari, menyanyi dan bermain dengan biola kesayangannya hampir tiap hari. Ia tidak ingin bekerja atau mempersiapkan perbekalan untuk menghadapi musim dingin.

Tidak terlintas di pikiran belalang bahwa hari-hari yang indah di musim panas ini akan segera berakhir, berganti menjadi musim dingin, dimana hujan akan sering turun dan udara yang sangat dingin.

semut pun menolak permintaan belalang dengan halus, “Maaf, saya masih harus bekerja keras agar saat musim dingin saya memiliki candang makanan dan tempat tinggal yang lebih hangat."

belalang pun menanggapi penolakan yang dilakukan semut,“Berhentilah memikirkan terlalu banyak hal, mari kita bernyanyi dan menari bersama saja, agar perasaanmu lebih baik. Ayolah kita harus menikmati hidup kita!”

Setelah mendengar kata-kata tersebut si semut tetap bijaksana dan tidak mengindahkan ajakan si Kelinci, ia pun pamit pulang.

Siapa sangka musim panas berakhir lebih cepat dari biasanya. Kelinci yang sehari-harinya selalu bergembira kini panik bukan main. Ia tidak punya tempat tinggal yang layak dan persediaan makanannya sudah habis.

Dengan langkah gontai si belalang menuju rumah semut. Dia memohon kepada semut agar diberikan makanan dan dibolehkan tinggal di rumah semut.

Mendengar permohonan itu semut menjawab, “Maaf, tapi saya tidak bisa membantu karena rumah saya terlalu sempit untuk anda dan jumlah persediaan makanan yang ada hanya cukup untuk saya sekelurga.

belalang akhirnya pergi dengan rasa penyesalan dan kesedihan. Dalam hatinya dia berkata, “Seandainya aku mengikuti kebiasaan semut untuk bekerja keras, pasti sekarang aku sudah kenyang dan bisa tidur nyenyak di rumah.

Pesan Moral Cerita Fabel Pendek, Semut dan Belalang :

Selalu persiapkan dan isi hari-harimu dengan kegiatan yang bermanfaat. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari.

Apa pesan moral yang dapat anda simpulkan?

SUMBER :

Untuk sebuah hari baru, buatlah kejutan untuk diri sendiri. Lakukan yang terbaik yang kamu bisa lakukan, seakan besok kamu akan akan jadi kaya. Persiapkan hari ini, seakan ada sebuah keinginan yang akan kamu wujudkan hari ini…

Buang pikiran negatif dan berjuanglah dengan bahagia hari ini!