Kisah Dua Orang Sales

Kisah Dua Orang Sales

Chuan dan Jing bergabung dengan perusahaan perdagangan grosir dalam waktu yang bersamaan setelah lulus sekolah. Keduanya bekerja sangat keras.

Sedudah beberapa tahun, bos mempromosikan Jing menjadi sales eksekutif tapi Chuan tetap menjadi sales lapangan. Suatu hari, Chuan yang sudah tidak tahan lagi mengajukan surat pengunduran diri kepada bos. Ia protes karena ia menganggap bos tidak menilai stafnya dari kerja kerasnya melainkan dari kedekatan semata.

Bos tahu bahwa Chuan bekerja keras selama bertahun-tahun tapi untuk membantu Chuan menyadari perbedaan antara dirinya dan Jing, bos itu meminta Chuan dan Jing untuk melakukan hal berikut ini. Pergi dan temui setiap orang yang menjual semangka di pasar dan tanyakan harganya?. Keduanya kemudian mengikuti perintah bos.

Setelah keduanya kembali, bos bertanya pada Chuan berapa harga semangka itu per kilogram? Chuan mengatakan kepada bos harganya $12 per kg. Hanya itu yang bisa ia informasikan.

Bos memberikan Jing pertanyaan yang sama. Jing ketika ditanya berapa harga semangka yang dijual di pasar, ia menjawab dengan rinci sekali. Menurut Jing, harga semangka $12 per kg, dan $100 untuk 10 kg. Ketika diminta memberikan penjelasan lebih rinci, Jing mengungkapkan ia menemukan ada 340 semangka. Di atas meja ada 58 semangka, yang masing-masing berbobot 15 kg. Semangka itu didatangkan dari kawasan selatan dua hari lalu dan sampai sekarang masing dalam keadaan segar dan merah, dengan kualitas bagus.

Chuan sangat terkesan dan menyadari perbedaan antara dirinya dan Jing. Ia memutuskan tidak jadi mengundurkan diri dan bertekad belajar dari Jing.

Inti dari cerita itu, seorang lebih sukses mungkin karena ia lebih jeli dalam pengamatan, berpikir lebih keras, dan lebih dalam. Ketika melihat persoalan yang sama, orang yang lebih sukses memperhtungakan beberapa tahun ke depan tidak hari ini saja. Perbedaan antara satu tahun dan sehari adalah 365 kali. Jadi bagaimana Anda bisa menang kalau hanya berpikir untuk esok hari saja?.

Referensi

Ardison, M S. Kesepakatan di Surga: Kisah-Kisah Inspiratif. Google Book.