Kira-kira sayuran apa saja yang bisa dijadikan salad sayur?

Salad adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut adalah sayuran yang umum diolah menjadi salad.

  1. Selada
  2. Wortel
  3. Buncis
  4. Kentang
  5. Jagung manis
  6. Tomat ceri
Referensi

7 Sayuran yang Cocok Untuk Salad - ResepKoki

Selain sayur-sayuran, salad sayur juga terdiri dari beberapa bahan utama, di antaranya:

  1. Bahan Protein
    Untuk melengkapi kebutuhan protein, ada baiknya salad sayur dicampur dengan bahan seperti telur, daging ayam, atau ikan tuna. Jika anda ingin menambahkan telur, rebuslah telur dan potonglah jadi beberapa bagian. Ayam bisa anda rebus atau panggang terlebih dahulu, lalu suwir atau potong dadu. Untuk tuna, anda bisa pakai tuna kalengan. Tetapi jangan lupa tiriskan terlebih dahulu tuna dari air atau minyak perendamnya, ya.

  2. Kacang-kacangan
    Bahan makanan lainnya yang dapat dijadikan tambahan salad sayur ialah kacang-kacangan. Kacang-kacangan juga memiliki kandungan protein nabati yang baik untuk tubuh. Biasanya orang-orang sering menambahkan almond, walnut, pistachio atau mete pada salad. Mudah saja mengolah kacang menjadi campuran salad. Panggang atau sangrai kacang terlebih dahulu lalu cincang dan taburkan ke dalam salad. Anda juga bisa mencampurkannya secara utuh.

  3. Biji-bijian
    Biji-bijian adalah sumber yang juga kaya protein nabati, serat, vitamain, dan mineral, loh. Biji-bijian ini dijamin akan membuat salad yang anda buat terasa lebih kaya rasa, lezat, dan sehat tentunya. Anda bisa menambahkan biji wijen, biji bunga matahari, biji labu, chia seed, flax seed, hingga poppy seed. Biji-bijian ini banyak tersedia di supermarket, toko bahan kue, dan toko-toko khusus yang menjual bahan makanan sehat all-natural.

  4. Keju
    Keju adalah sumber makanan kaya kalsium yang bermanfaat bagi tulang. Anda tidak perlu khawatir, jika keju mengandung lemak yang tinggi, karena anda bisa menggunakan keju rendah lemak yang dapat dengan mudah didapatkan di pasar atau supermarket. Keju rendah lemak membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi rasa lapar. Gunakan macam keju seperti feta, blue cheese, goat cheese, atau cheddar yang akan membuat gurih salad anda. Keju dapat diparut atau potong dadu terlebih dulu sebelum ditambahkan pada salad.

  5. Karbohidrat
    Jika salad dengan hanya campuran sayuran tidak membuat perut anda kenyang, anda boleh menambahkannya dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Tambahkan pasta, oat, atau quinoa ke dalam salad favorit anda. Bila anda ingin menambahkan pasta, pilihlah pasta jenis fusili atau macaroni, karena bentuknya yang kecil akan mudah tercampur dengan sayuran lainnya. Terbayang kan bagaimana kelezatan salad sayur yang mengenyangkan ini?

Referensi

5 Bahan Utama untuk Kreasi Salad Sayur Lezat dan Sehat - ResepKoki