Kini Tanggungkanlah Badan, Hati, dan Mata Punya Ulah

Tanggungjawab

"Kini tanggungkanlah badan, hati, dan mata punya ulah."

Maksudnya, setiap hal yang telah kita lakukan, maka kita harus siap mempertanggung jawabkannya. Ketika hal yang kita perbuat merugikan seseorang, itu berarti kita harus bertanggung jawab atas tindakan yang telah kita lakukan tersebut. Jangan sesekali kita melepaskan begitu saja setiap hal yang kita perbuat.

source :
https://dosenbahasa.com/contoh-pepatah-dan-peribahasa-dalam-bahasa-indonesia

1 Like

Jika kita lalai akan tanggung jawab maka hal tersebut akan menurunkan kualitas akan diri kita. Tanggung jawab juga merupakan salah satu tolak ukur seseorang dikatakan dalam kondisi dewasa atau tidak.

Apabila seseorang masih belum sadar akan tanggung jawabnya dapat dikatakan bahwa orang tersebut masih belum tergolong dalam kedewasaan. Meskipun terlihat sangat sepele tanggung jawab dapat memberikan peranan besar terhadap pekerjaan maupun dalam hal lainnya.

Makna setiap hal yang kita lakukan harus siap kita tanggungjawabkan sangatlah luas, bisa terdiri dari ucapan kita, respon kita, tingkah laku, konsumsi, dan masih banyak lagi.

Jika kita merasa berat akan hal tersebut, pilihannya tinggal satu, yaitu tidak perlu melakukannya saja.

Setiap tindakan yang kita lakukan terdapat resikonya masing - masing, dan resiko itu harus kita pertanggung jawabkan. salah satu cara agar kita dipercaya orang lain pun tidak lain dan tidak bukan dilihat dari bentuk rasa tanggung jawab yang kita miliki. oleh karena itu, tanggung jawab harus terus dipupuk dan dilakukan agar mendapat manfaatnya suatu saat nanti