[Khusus Perempuan] Pad/ Tampon/ Menstural Cup? Yang mana yang kamu pilih?

dictio
Untuk para perempuan, setiap bulannya pasti mengalami datang bulan atau menstruasi (kecuali saat hamil tentunya). Setiap diri kita memiliki favoritisme tersendiri terhadap pembalut yang digunakan. Ada yang menggunakan pembalut/pad biasa, pembalut berbentuk persegi panjang dan digunakan dengan cara direkatkan ke sisi bagian dalam dari celana dalam. Kekurangannya adalah bisa membuat iritasi atau alergi, penumpukan bakteri, dan bisa membuat bau jika lama tidak diganti.
Adapun Tampon, yaitu bahan penyerap berbentuk tabung kecil. Cara penggunaannya adalah tampon dimasukan kedalam vagina, dan terdapat seuntai benang pada salah satu ujung tampon. Fungsinya untuk menarik tampon jika ingin diganti. Jika tidak rutin mengganti tampon, dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri berlebih yang dapat menyebabkan sindrom syok toksik atau TSS. TSS ditandai dengan demam, mual, diare, nyeri otot, lemas, dan ruam kemerahan sekitar vagina.
Saat ini ada inovasi terbaru yang sudah banyak digunakan oleh kalangan perempuan yaitu menstrual cup. Menstrual cup adalah produk pengganti pembalut yang berbentuk corong dan terbuat dari karet atau silikon dan berfungsi menampung darah menstruasi. Kekurangannya adalah sulit digunakan, lebih berantakan, perlu menemukan ukuran yang cocok, kemungkinan menimbulkan alergi, dan butuh perawatan ekstra.

Di Indonesia sendiri, lebih banyak yang menggunakan pembalut dibandingkan alat lainnya. Nah untuk para Youdics kaum perempuan, kalian lebih prefer menggunakan yang mana? dan apa alasan-kelebihan kamu menggunakan alat tersebut ketika datang bulan?

Saya pribadi sampai saat ini masih menggunakan pembalut biasa. Saya belum berani untum mencoba jenis yang lain. Untuk pembalut biasa ini saya juga memilih pembalut yang benar-benar aman dan sudah diakui oleh kementerian Kesehatan untuk meminimalisir adanya dampak buruk dari bahan pembuat pembalut. Saya sendiri juga sudah merasa nyaman dengan pembalut biasa, meskipun tahu dampaknya buruk bagi lingkungan, tapi saya masih belum mendapatkan pengganti yang pas.

1 Like

Kalau aku sendiri sih masih menggunakan jenis pad, meskipun udah gencar-gencarnya promosi buat pindah ke menstrual cup untuk mengurangi jumlah sampah dari pembalut biasa. Kenapa masih menggunakan pad, ya karena jujur masih nyaman saat pake pad dan masih ragu juga dengan menggunakan tampon atau menstrual cup sendiri.

1 Like