Keuntungan YouTube dalam Bisnis

YouTube merupakan salah satu website yang paling banyak dikunjungi saat ini. Terlebih pada saat pandemik ini dimana media digital menjadi pilihan utama penyebaran informasi bagi masyarakat. Perkembangan YouTube yang pesat ini dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak, salah satunya adalah untuk promosi bisnis.

Apa sajakah keuntungan YouTube sebagai sarana promosi bisnis?

  1. Hemat Biaya
    Dalam era digital saat ini menggunakan YouTube sebagai media promosi merupakan hal yang umum dilakukan. Hal ini dilakukan karena biayanya yang relatif rendah jika kita pikirkan seberapa luas jangkauan yang dimiliki oleh YouTube dibandingkan media promosi lainnya.

    Karena banyaknya orang yang mengunjungi YouTube besar kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan atau penggemar bisnis selama kita membuat promosi yang dapat menghibur dan membantu permasalahan yang mereka miliki.

  2. Membantu Pencarian Google
    Karena pencarian Google adalah universal tidak jarang video menjadi saran utama saat pengguna mencari sesuatu. Hal ini bisa kita manfaatkan dengan membuat artikel berkualitas dalam situs utama kita yang kemudian dilanjutkan dengan membuat video pelengkap di YouTube. Dengan melakukan hal ini kita dapat membuat backlink dimana kedua situs dapat saling membantu

  3. Memiliki Konten Yang Abadi
    Berkat sistem penyimpanan YouTube, konten yang kita unggah ke dalam YouTube akan selalu dapat dilihat. Hal ini pada dasarnya membuat konten kita selalu berguna bagi kebutuhan promosi secara berkelanjutan. Beberapa jenis konten yang umumnya baik untuk hal ini contohnya seperti podcast, infografis, presentasi, dan tentunya video tutorial.

  4. Memiliki Audiens Global
    Mungkin adalah keuntungan terbesar saat bisnis memiliki akun YouTube. Dengan menggunakan YouTube kita dapat menjangkau pengunjung secara global. Terlebih bagi mereka yang mustahil untuk menemukan bisnis lewat media lainnya. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membantu ini adalah dengan menggunakan fitur closed caption atau susbtitle dalam video kita, terlebih jika konten yang di unggah tidak dalam bahasa Inggris