Keuntungan yang didapat bila membuat algoritma dalam kehidupan sehari - hari?

Algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan suatu masalah yang ditulis secara berurutan. Sehingga, algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer maupun beberapa masalah dalam kehidupan manusia.

Keuntungan yang didapat bila membuat algoritma dalam kehidupan sehari - hari?

Algoritma merupakan sebuah pembiasan. Pembiasaan dalam menuliskan baris-baris kode yang benar, pembiasaan dalam menggunakan penalaran yang tepat, dan pembiasaan dalam menggunakan perumusan yang sesuai. Proses-proses tersebut juga akan memberikan keuntungan tersendiri bagi orang-orang yang mempelajari bahasa pemrograman. Manfaat ini tidak secara langsung dapat kita rasakan, tetapi dengan proses belajar yang tepat, manfaat ini akan kita rasakan jauh setelah proses tersebut terlewati. Tanpa kita sadari, algoritma telah kita terapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada beberapa manfaat yang dapat kita peroleh dari penerapan algoritma dalam kehidupan sehari-hari, antara lain sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Secara Logis
    Penggunaan algoritma terdapat di berbagai pembuatan produk yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk di dalamnya aplikasi, game, perangkat mikrokontroler, atau perangkat IoT, kita tidak akan bisa lepas dari logika-logika pemrograman yang akan digunakan untuk membuat produk tersebut agar produk tersebut bekerja sesuai dengan yang diharapkan. Logika dan algoritma pemrograman menjadi suatu hal yang sangat penting dalam membuat atau mengembangkan sebuah produk.

    Kesalahan logika yang digunakan, akan berakibat fatal terhadap produk yang akan dikembangkan. Selain eror, produk yang dikembangkan tidak akan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bersamaan dengan ini, kita akan menjadi terlatih untuk berfikir dengan menggunakan logika saat menghadapi permasalaan.

    Pengaplikasian algoritma dalam kehidupan sehari-hari merupakan sebuah pembiasaan. Ketika pikiran kita dibiasakan untuk menggunakan logika, tanpa disengaja kita akan terbiasa untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari juga. Pengaplikasian algoritma dalam kehiduan sehari-hari akan membuat kita terlatih untuk berpikir secara rasional, kritis, dan cermat. Kemampuan kita dalam menganalisis suatu masalah juga akan meningkat sehingga akan menghindarkan kita dari kesalahan.

  2. Mengembangkan Cara Berpikir Dengan Sistematis
    Selain dapat mempertimbangkan dengan tepat bagaimana kita akan menyelesaikan sebuah permasalahan, manfaat penerapan algoritma yang lainnya adalah dapat mengembangkan cara berfikir sistematis.

    Dalam membuat sebuah program, seseorang akan dihadapkan pada baris-baris kode yang harus disusun secara sistematis. Baris-baris kode ini tidak boleh terbolak-balik baik penyusunannya maupun penulisannya, agar program yang dibangun dapat berjalan tanpa permasalahan. Sebagai dampak positifnya, kita tentu akan semakin terbiasa dengan cara berpikir sistematis.

    Cara berpikir ini akan terbawa ke kehidupan sehari-hari, terutama dalam menghadapi berbagai macam permasalahan yang sedang menghimpit. Kita dapat menentukan tahapan untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien.

  3. Melatih Teliti Terhadap Detail
    Dalam membangun sebuah program, sering kali seorang developer akan mengalami sebuah permasalahan, salah satunya adalah program yang dibangun eror saat diverifikasi atau di-build. Permasalahan ini akan memerlukan sedikit ketelitian untuk mengatasinya.

    Seorang developer harus mengecek ulang kode, dan mencari bagian kode yang menyebabkan terjadinya permasalahan. Jika hal tersebut belum menyelesaikan masalah, developer masih harus mengecek berbagai hal yang berkaitan dengan program yang dibangun tersebut, seperti mengecek power yang digunakan jika dalam membuat program untuk perangkat keras, atau mengecek koneksi internet jika tools yang digunakan berjalan secara online.

    Dengan penerapan algoritma dalam kehidupan kita sehari-hari, maka akan membuat kita lebih teliti dalam segala hal. Kita akan bersikap lebih cermat dan tidak gegabah dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau mengambil keputusan. Misalnya dalam pengerjaan soal matematika, kita akan menjadi lebih teliti dalam mencari kesalahan sebelum menemukan jawaban.

  4. Meningkatkan Kemampuan dalam Mengatasi Masalah
    Dengan membiasakan penggunaan algoritma, kita akan dilatih untuk menyelesaikan sebuah permasalahan, baik itu tentang bagaimana kegiatan harus bekerja maupun bagaimana mengatasi kesalahan-kesalahan yang terjadi. Google pun percaya dengan pelatihan menggunakan algoritma dalam kehiduan sehari-hari akan meningkatkan kemampuan kita dalam mengatasi suatu permasalahan.

Sumber :
https://www.trentech.id/manfaat-belajar-bahasa-pemrograman-untuk-kehidupan/

Melakukan algoritma pada kehidupan sehari - hari dapat membuat hidup menjadi teratur dan disiplin. Dengan menerapkan algoritma dapat membuat kita berfikir lebih kritis dan logis terhadap semua hal. Algorima juga membuat hidup lebih teratur. Kebiasaan hidup teratur dan terorganisir dapat membantu Anda membuat pilihan hidup yang lebih sehat, meningkatkan hubungan sosial dan personal.

Mengurangi Stres dan Depresi

Jika saat Anda pulang ke rumah dan melihat tumpukan pekerjaan rumah yang terbengkalai, kadar hormon kortisol yang seharusnya turun, menjadi tetap tinggi. Hal ini dapat memberi efek buruk pada suasana hati, pola tidur, kesehatan Anda, dan banyak lagi. Buatlah jadwal kapan Anda harus menyelesaikan semua pekerjaan yang tertunda dan rapikan rumah Anda. Itu akan membantu Anda merasa lebih bahagia dan lebih santai.

Membantu Memiliki Pola Makan Lebih Baik

Orang-orang yang bekerja di ruang yang rapi selama 10 menit, dua kali lebih mungkin untuk memilih sebuah apel dibandingkan satu bar cokelat. Ini jika dibandingkan dengan orang yang bekerja di kantor yang berantakan untuk jumlah waktu yang sama, menurut sebuah studi yang dipublikasikan oleh jurnal Psychological Science. “Stres akan mendorong Anda memilih makanan yang membuat Anda nyaman dan itu biasanya adalah makanan manis. Selain itu, stres juga mendorong Anda makan berlebihan,” kata Dr Selhub.

Membantu Anda Disiplin Berolahraga

Orang yang memiliki tujuan dan rencana olahraga jangka pendek, mencatat kemajuan yang lebih berarti dan lebih mungkin untuk tetap disiplin dengan rencana programnya, dibanding dengan orang yang pergi ke gym tanpa memiliki rencana program, kata Journal of Obesity. Alasannya? Dengan memiliki rencana dan program, Anda akan lebih menyadari kemajuan Anda. Plus, Anda akan merasa lebih termotivasi untuk menjalankan rencana itu. Setiap minggu, tulislah rencana latihan Anda, kemudian evaluasi apakah setiap hari Anda sudah melakukan rencana tersebut.

Meningkatkan Kualitas Hubungan

Hubungan yang bahagia dengan teman, keluarga dan pasangan adalah kunci untuk menangkal depresi dan penyakit, tetapi kehidupan yang tidak teratur dapat mengacaukan semua itu. “Untuk pasangan, kekacauan dapat menciptakan ketegangan dan konflik,” kata Dr Selhub. Contoh sederhana, waktu yang Anda habiskan untuk mencari barang yang hilang bisa mengurangi waktu Anda bersama pasangan. Contoh lain, rumah yang berantakan dapat mencegah niat Anda mengundang teman-teman untuk datang.

Meningkatkan Produktivitas

Disorganisasi atau ketidakteraturan benar-benar dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk fokus. Contohnya, melihat terlalu banyak hal sekaligus akan membuat korteks visual Anda menanggung beban berlebihan dan mengganggu kemampuan otak Anda untuk memproses informasi, Journal of Neuroscience melaporkan. Memberesekan keacauan meja kerja akan memberi manfaat positif. “Seringkali, hambatan terbesar untuk menjalankan kebiasaan sehat adalah kurangnya waktu,” kata Dr Selhub. “Ketika Anda lebih terorganisir di tempat kerja, Anda akan menjadi lebih produktif dan efisien. Ini berarti, Anda dapat bekerja dengan lebih efisien, sehingga bisa pulang lebih cepat dan punya waktu luang lebih banyak untuk memasak makanan sehat atau untuk rileks.”

Membantu Menurunkan Berat Badan

“Menjadi terorganisir akan membantu Anda menjadi lebih sadar tentang apa yang Anda makan,” kata Dr Selhub. Menjalankan hidup sehat membutuhkan pemikiran, organisasi, dan persiapan. Ketika Anda terorganisir, Anda lebih mungkin untuk membuat rencana makan sehat, berbelanja bahan makanan sehat dan lain sebagainya terkait rencana hidup sehat.

Pola Tidur Jadi Lebih Baik

Mengurangi kadar ketidakteraturan sama artinya dengan mengurangi stres, dan itu berarti pola tidur Anda akan menjadi lebih baik. Jagalah agar kamar tidur Anda tetap rapi. Orang-orang yang merapikan kamarnya di waktu pagi, 19 persen lebih mungkin untuk memiliki pola tidur yang teratur, dan 75 persen di antaranya mengatakan bahwa mereka tidur lebih nyenyak, demikian menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation.

Source:
Basulto, Dominic. Your Life is an Algorithm, Your Brain is an Operating System. http://bigthink.com/endless-innovation/your-life-is-an-algorithm-your-brain-is-an-operating-system (dikutip pada 7 Oktober 2017)
Turangan, Lily.7 Manfaat Kesehatan dari Hidup Teratur. http://lifestyle.kompas.com/read/2016/12/07/202700423/7.manfaat.kesehatan.dari.hidup.teratur (dikutip pada 7 Oktober 2017)

Keuntungan yang didapat bila membuat algoritma dalam kehidupan sehari - hari?

Algoritma dapat diibaratkan seperti jantung dari ilmu komputer. Karena algoritma adalah hal yang sangat penting bagi ilmu komputer. Algoritma diambil dari nama ilmuwan muslim Abu Ja’far Muhammad bin Musa Al-Khwarismi pada tahun (780-846M). Algoritma yaitu langkah-langkah untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun secara sistematis dan harus bersifat logis. Dalam matematika dan ilmu komputer, algoritma adalah prosedur langkah-demi-langkah untuk penghitungan. Algoritma digunakan untuk penghitungan, pemrosesan data, dan penalaran otomatis.

Proses semacam algoritma sebenarnya dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya saja jika Anda membaca resep masakan, selain bahan-bahan yang digunakan, Anda juga akan melihat prosedur untuk membuat masakan. Prosedur dalam resep seperti itu sebenarnya menyatakan semacam algoritma. Prosedur itu merupakan suatu urutan yang memandu orang untuk melakukan suatu proses. Namun ada perbedaan antara algoritma dan prosedur. Prosedur biasanya bersifat global dengan mengasumsikan bahwa manusia telah mengetahui rincian langka-langkah tertentu.

Keuntungan algoritma dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

  1. Segalanya jadi lebih baik
    Dengan hidup teratur tentu setiap kegiatan akan berjalan secara lancar karena tentunya sudah kita rencanakan terlebih dahulu

  2. Hati selalu tenang
    Dengan hidup yang teratur kita dapat terhindar dari tergesa-gesaan.

  3. Sikap jadi lebih mengesankan
    Dengan hidup yang teratur kita pun tentu akan dapat menentukan segala hal-hal terbaik yang dapat kita lakukan

  4. Membantu memiliki pola makan lebih baik

  5. Pola tidur jadi lebih baik

Sumber :
(https://id.wikipedia.org/wiki/Algoritme)
(http://trysaadyah.blogspot.co.id/2014/05/contoh-penerapan-algoritma-dalam.html)
(https://www.scribd.com/document/328682329/Manfaat-Hidup-Teratur)