Keuntungan apa yg bisa kita dapat jika menggunakan aplikasi Cloud?

Dari berbagai macam cloud yang ada, apa keuntungan yang bisa didapatkan saat menggunakan aplikasi yang dipakai tersebut ?

Dari berbagai macam cloud yang ada seperti Microsoft dengan SkyDrive, Google dengan GoogleDrive, dan Apple dengan iCloud, menurut saya yang paling mendominasi adalah Google Drive. Mengapa begitu? Google Drive memberikan 15 gigabyte pada pengguna Google untuk menyimpan berbagai untuk menyimpan file penting, dokumen, gambar dan sebagainya. Hadirnya Google Drive dalam versi mobile tentu saja akan semakin memudahkan user untuk mengakses file dalam kondisi dan situasi apapun dimana dan kapan saja.Satu hal lagi yang kini membuat Google Drive menjadi pilihan adalah adanya fitur API’s untuk para developer yang sangat mumpuni. Fitur ini menjadi semakin unggul karena Google Drive bisa menghubungkanya dengan puluhan aplikasi dari pihak ketiga.

Inilah kelebihan dari Google Drive :

  1. Backup data penting Anda
    download

    Anda tentu pernah mempunyai kenangan dimana moment itu tidak akan terulang lagi. Kita mungkin menyimpannya dalam bentuk foto ataupun dalam bentuk video. Ada juga berbagai file penting seperti dokumen bisnis, skripsi, makalah , ataupun lainnya, dimana kita menyimpannya di hard disk ataupun USB dimana seiring berjalannya waktu dapat mengalami kerusakan dan Anda dapat kehilangan file.

    Google Drive adalah alternatif penyimpanan yang lebih baik karena Google dapat menyimpannya dengan baik dan juga file yang tersimpan akan sangat aman dari virus komputer.

  2. Alat berbagi
    8911048-male-give-file-folder-of-paperwork-to-another-person

    Google Drive dapat membagikan file kepada siapapun jika orang tersebut memiliki akun Google Drive tersebut.

  3. Membuka dan mengedit berbagai dokumen
    download
    Apakah Anda tidak memiliki perangkat lunak yang Anda butuhkan untuk membuka file jenis tertentu?Google Drive dapat menjadi solusinya cukup dengan mengupload file tersebut menggunakan akun Google Drive Anda dan buka dari sana. Google Drive memungkinkan Anda membuka sesuatu dari file Adobe Suite, hingga spreadsheet dan dokumen Microsoft Word.

  4. Mencari file
    vector-search-icon
    Google Drive memiliki mesin telusur bawaannya sendiri, yang memungkinkan Anda mencari menurut jenis file, seperti gambar, dokumen Word atau video, dan juga kata kunci.

  5. Convert PDF to text
    pdf-to-word-converter-icon
    Fitur yang juga jarang digunakan oleh pengguna Google Drive yaitu Fitur merubah file dengan format PDF menjadi Text. Untuk bisa menggunakan fitur ini anda bisa membuka file PDF anda di Google Drive, kemudian Download As Microsoft Word. Setelah file yang didownload berformat .docx anda bisa mengeditnya

  6. Revisi
    202110-200
    Google Drive mempunyai fitur Revision History, fitur ini berfungsi untuk melihat history revisi yang telah anda edit. Revision History juga bisa melakukan restore dokumen sesuai tanggal modifikasi.

http://www.ba-bamail.com/content.aspx?emailid=19861

Keunggulan dan Kelemahan Google Drive

7 FITUR GOOGLE DRIVE INI WAJIB ANDA KETAHUI

234

Aplikasi Cloud kini sudah banyak kita jumpai di berbagai gadget. Hampir semuanya akun akun memiliki cloud, contohnya google, one drive, apple cloud, dan masih banyak lagi.

Keuntungan yang bisa kita dapat jika kita menggunakan Cloud adalah:

  • Data kita selalu aman,
  • Jangka waktu penyimpanan lama,
  • Dapat menyimpan berbagai file,
  • Bebas dari curian,
  • DLL.

Itulah keuntunga yang bisa kita dapat jika kita menggunakan CLOUD

Cloud Storage
Hasil gambar untuk cloud storage

Pada era yang serba IoE ini kita pasti memakai lebih dari satu perangkat yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kita. Namun pernahkan anda menemukan kesulitan ketika data yang disimpan pada satu perangkat tidak terintegrasi sehingga anda perlu memindahkan tersebut ke perangkat lainnya secara manual? Jika anda merasa bahwa hal itu sangat merepotkan mungkin anda akan tertarik menggunakan Cloud Storage. apa sajakah keunggulan dari Cloud Storage tersebut?

  1. Penyimpanan yang terintegrasi
    Gambar terkait
    Cloud Storage adalah sebuah media penyimpanan one-for-all dimana anda dapat mengakses sebuah file yang telah disimpan pada cloud storage dengan perangkat apa saja. anda juga bisa menambahkan file ke cloud storage pada perangkat lain selama anda terhubung dengan akun yang sama.

  2. Kemudahan dalam berbagi file ke orang lain
    Gambar terkait
    Dengan cloud storage, anda tidak perlu khawatir dalam menjaga keamanan perangkat anda dalam memindahkan data ke orang lain. Anda cukup memberikan link yang dapat dibagikan dari cloud storage ke orang yang ingin anda berikan.

  3. kemampuan untuk merubah data di dalam sebuah file tanpa harus menyimpan file tersebut pada perangkat anda
    Gambar terkait
    Semua ini dapat dilakukan dengan bantuan extention yang dimiliki Google dalam cloud storage mereka, yakni Google Docs. Extention tersebut dapat digunakan sebagai alternatif dari software office yang dilakukan secara online.