Keuntungan apa yang akan didapatkan oleh Organisasi ketika mampu melakukan Manajemen Sumber Daya Manusia dengan Baik?

Manajemen SDM merupakan hal yang penting demi keberlangsungan organisasi. Tanpa adanya SDM yang baik maka organisasi juga tidak akan berjalan dengan baik, lalu apa keuntungan yang akan didapatkan jika mampu melakukan manajemen SDM dengan baik?

1 Like

Manajemen Sumber Daya Manusia bukanlah hal yang mudah. Contohnya saja 1 manager yang harus mengatur 10 pekerjanya. Jika 1 mengalami kesalahan A dan beberapa pekerja mengalami kesalahan yang berbeda maka diperlukannya suatu manajemen agar dengan resource yang terbatas tetap dapat bekerja secara efektif. Lalu apa saja keuntungan yang akan didapat jika dapat melakukan manajemen dengan baik?

  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas SDM
    Jika terdapat pekerja yang sudah tidak maksimal, bisa dialihkan ke divisi yang lain sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal ini dilakukan agar kinerja tidak menurun akibat kejenuhan yang dialami jika bekerja dalam 1 bidang yang sama

  • Hemat biaya
    Jika organisasi mampu memanajemen SDM dengan baik, maka perekrutan pegawai baru dan pemberhentian pegawai yang sudah terlalu lama akan menghemat pengeluaran perusahaan.

  • Meningkatkan performa pekerja
    Dengan motivasi yang selalu diberikan kepada pekerja, hal ini akan menghindari organisasi dengan risiko kemungkinan pekerja mogok kerja, bermalas-malasan, hingga yang terburuk tidak menyelesaikan tugasnya dengan baik.

  • Meningkatkan loyalitas pekerja
    Pekerja akan semakin loyal, jika mereka merasa dimiliki, dilihat, dan dihargai oleh organisasi

  • Menciptakan suasana harmonis
    Jika tidak terdapat permasalahan antar pekerja, maka suasana nyaman dalam lingkungan kerja akan tercipta.

    Great things in business are never done by one person, they’re done by a team of people” - Steve Jobs


Sumber:

1 Like